Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Bola

Mengintip Calon-calon Penerus Talenta Papua di Semen Padang FC 2020

Padang, Prokabar – Semen Padang FC dalam tiga dekade terakhir selalu akrab dengan pemain asal Papua. Setiap musim selalu ada talenta Papua yang menghuni squad Kabau Sirah. Bagaimana musim ini, apakah masih ada telenta Papua yang akan membela Semen Padang di Liga 2 2020?

Sejak era Duo Pulalo Herman dan Alexander era 1990-an, talenta Papua nyaris tak pernah putus mengalir ke Semen Padang. sebut saja, Ellie Aiboy, Erol Iba, Paulus Krey, Vendry Mofu, Stevie Bonsapia, Titus Bonai, Boas Atururi, sampai era Fridolin Yoku dan Mariando Uropmabin.

Musim lalu, lima pemain asal Papua bermain di SPFC, selain Boas Atururi dan Fridolin Yoku, tiga ainnya masuk di tengah musim yaitu Vendry Mofu, Marko Kabiay dan Mariando Uropmabin.

Rapor pemain Papua pun beragam. Mofu tak sampai akhir musim, karena setelah beberapa pertandingan didepak karena indispliner. Kabiay nyarius tak dapat menit bermain, begitupun Boas, lebih banyak sebagai pemain pengganti. Yang lumayan hanya Fridolin Yoku.

Musim ini, hanya Boas Aururi yang tersisa. Yoku hengkang ke Persipura dan Mariando berlabuh bersama Arema FC, Kabiay juga belum dapat klub. Sedangkan Mofu, sibur bertarkam ria di Sumbar.

Bagiaman 2020? Banyak rumor beredar seputar pemain asal Papua. Beberapa nama disebut akan merapat. Boas hampir pasti masuk tim lagi, loyalitasnya setelah tim terdegradasi ke Liga 2, layak diapresiasi.

Mofu, dikabarkan juga akan merapat lagi. Namun, semuanya akan tergantung pelatih Eduardo Almeida, yang dikenal sangat anti pemain yang indispliner. Untuk hal yang satu ini, Eduardo memang sangat nol kompromi.

Diluar itu, dua nama Papua lain yang ramai disebut adalah Johanis Tjoe dan Nerius Alom. Tjoe adalah pemain berpengalaman, yang musim lalu masih menjadi andalan Persipura Jayapura. Walau sudah cukup berumur, namun pengalaman pemain satu ini masih akan sangat berguna bagi Semen Padang, jika benar-benar bergabung.

Nama lain, Nerius Alom juga disebut akan kembali ke Semen Padang. Eks Semen Padang U-21 yang musim lalu berseragam PSIS semarang, cukup berpeluang bergabung dengan Kabau Sirah senior.

Nah, bagaimana kans pemain asal Papua?

Asisten pelatih Semen Padang, Weliansayah mengatakan, sejauh ini tim pelatih belum menetapkan secara resmi skuad Semen Padang, setelah melakukan seleksi dua hari.

“Seleksi tahap awal memang sudah selesai, seminggu ke depan masih akan ada trial berjalan. Pemain yang lolos seleksi terbuka masih akan dilihat dalam seminggu ke depan. Jadi, squad sama sekali belum fix dan masih banyak kemungkinan dan perubahan yang terjadi. Jika ada list beredar, dipastikan itu bukan list resmi dari manajemen dan tim pelatih.”ucap Welly.

Welly juga belum bersedia menyebut atau membocorkan pemain-pemain yang berpotensi memakai seragam Semen Padang di Liga 2 nanti. “Bukan wewenang saya, ada manajemen tim dan pelatih kepala yang lebih berweanang menayampaikan kepada publik.”kata Weli, yang dalam waktu dekat akan mengikutu kursus kepelatihan AFC Pro.(mht)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top