Trending | News | Daerah | Covid-19

Budaya

Mengenal Silek galombang grup tradisi Baringin Limo Suku

Dibaca : 221

Agam, Prokabar — Silek galombang grup tradisi Baringin Limo Suku menyambut kedatangan Bupati Agam, Indra Catri saat menyambangi aksi Mambangun Kampung Halaman di Jorong Lundang, Nagari Panampuang, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah, Baringin Limo Suku diberikan kesempatan menyambut bupati, beliau adalah tokoh yang meresmikan grup kami lima tahun silam,” ujar Inyiak Dt. Sampono Basa dilansir dari MC Agam, Selasa (4/8).

Baringin Limo Suku didirikan di Surau Labuah tahun 2015 yang bertujuan untuk menampung bakat dan kreativitas anak nagari setempat. “Kami tidak hanya grup yang mengedepankan silek saja, tapi juga menampung semua kreativitas dan aktivitas positif anak muda,” jelas dia.

Saat ini terdapat belasan anak muda yang tengah berproses di grup kesenian Baringin Limo Suku dengan kegiatan utama antara lain latihan silek, tari, dan pasambahan adat.

“Sekarang ada belasan anggota, karena yang sudah tamat SMA ada yang melanjutkan pendidikan keluar daerah, ada juga yang merantau,” kata dia.

Disebutkan, anggota Baringin Limo Suku didominasi oleh anak-anak usia sekolah dengan anggota termuda kelas 3 Sekolah Dasar (SD).

Menurut Inyiak Dt. Sampono, grup kesenian Baringin Limo Kaum memiliki perhatian yang lebih terhadap tradisi. Dikatakan, setiap kegiatan yang dilakukan tidak terlepas dari persoalan adat.

“Saat ini kami juga tengah menggarap pembuatan video. Intinya topik kegiatannya tidak terlepas dari adat,” tambah dia.

Sejak berdiri, Baringin Limo Suku telah tampil pada sejumlah event dan pergelaran seni di Agam dan Bukittinggi. Pada event Anugerah Silek Padang Panjang, grup silek Baringin Limo Suku terpilih sebagai terbaik ketiga dan 20 sasaran silek terbaik.

“Semoga ke depan Baringin Limo Suku terus menunjukan prestasi membanggakan bagi masyarakat, khususnya nagari Panampuang dan umumnya Kabupaten Agam,” ujar dia. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top