Budaya

Mengenal Sastrawan Muda Asal Pariaman, Mardhiyan

Pariaman, Prokabar – Belum banyak orang tahu, sosok wanita muda cantik berhijab asal Kota Pariaman, Sumatra Barat ini adalah seorang novelis dan Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Indonesia. Dia bernama Mardhiyan Novita M. Z. (24), tamatan Sarjana Strata Satu Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Sekitar 3 Buku Novel tunggal karyanya sendiri sudah beredar di berbagai toko buku di Sumatra Barat dan di beberapa pulau Jawa. Serta beserta belasan Buku Antologi puisi bersama murid binaanya di Club Sahara.

Buku tersebut diantaranya seperti Novel “Penyair Merah Putih”, Mahar Cinta Gandoriah, Antologi Cerpen Budaya dan Pariwisata Pariaman “Ranah Surga Mendayu Senja”.

Hebatnya, Novel Penyair Merah Putih sempat dikupas berbagai sastrawan di Malaysia. “Hampir sebulan penuh, saya berkesempatan memaparkan novel tersebut sekaligus dikupas oleh senior sastrawan atau novelis asal Negeri Jiran dan Indonesia di sana,” kata Iyan, panggilan akrap Istri dari seorang Hakim tersebut.

Mardhiyan Novita menulis berawal pelatihan dari Pak Taufik Ismail di Rumah Puisi sejak kelas I SMA (2008) lalu. Sejak itu ia terus menggali kemampuannya hingga berhasil melahirkan Sebuah Novel. Bahkan melanjutkan perkuliahan di Sastra Indonesia , UGM dan Ilmu Sastra di Pasca Sarjana UI.

Iyan sendiri anak dari pasangan Marionis (55 tahun) dan Zaisyam (47). Ia anak pertama dari empat bersaudara. Ia tinggal di Perumahan Fahri Sindo, Kampuang Kandang, Pariaman Timur. Wanita cantik ini pernah menempuh pendidikan di SD 08 Kampung Pondok, MTSN Model Pariaman, MAN MADK Padang Panjang, UGM dan sekarang UI. Kedua orang tuanya berasal dari VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar.

Saat ini ia fokus membimbing 75 orang adik-adik pelajar SMP dan SMA di Club Sahara. Untuk lebih lanjut, selain mengembangkan peduli literasi di sekolah, juga berharap ke tengah masyarakat. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top