CPNS 2018

Menemukan Kecurangan Saat Penerimaan CPNS, Laporkan Ke Ombudsma Sumbar

Padang, Prokabar — Menghadapi musim penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018, Ombudsman Perwakilan Provinsi Sumatera Barat membuka posko pengaduan di Jalan Sawahan No 58 atau Kantor Perwakilan Ombudsman.

Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan Ombudsman Sumatera Barat Adel Wahidi mengatakan pembukaan posko ini mencegah adanya kecurangan dalam proses rekrutmen.

“Ombudsman secara rutin mengawasi penerimaan CPNS dan penerimaan tahun ini adalah yang terbesar, pengawasan oleh Ombudsman dilakukan dengan membuka posko pengaduan untuk meminimalkan kecurangan proses penerimaan khususnya di Ranah Minang,” terangnya beberapa saat lalu.

Untuk itu, pihaknya telah menunjuk tim khusus untuk pengawasan penerimaan CPNS dan memetakan potensi maladministrasi ataupun permasalahan yang mungkin saja muncul pada saat proses penerimaan CPNS.

“Untuk tahapan pengumuman seleksi dan formasi, serta tahapan pendaftaran persoalan yang mungkin muncul pada tahapan pengumuman seleksi dan formasi, yakni berupa pengumuman kriteria persyaratan yang harus dipenuhi pelamar tidak diumumkan secara utuh” jelasnya

Ombudsman juga telah berkoordinasi dengan beberapa Disdukcapil untuk memastikan kesiapan seandainya ada permasalahan.

“Termasuk, yang kami cermati jika masih ada pihak yang masih menyelenggarakan seleksi wawancara, perlu standar penilaian wawancara, karena sering kali ini menjadi bias dan dapat menjatuhkan mereka yang tadinya nilai SKD dan SKB tinggi,” kata dia.

Ia menilai proses ini akan panjang, dan melelahkan, oleh karena Ombudsman meminta masyarakat untuk melaporkan setiap bentuk kecurangan atau penyimpangan dalam penerimaan CPNS.

Selain melapor ke kantor perwakilan, masyarakat juga dapat melapor melalui hotline aduan Ombudsman telepon/WA 0811-6656-137. (*/hdp)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top