Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

Menag : Tahun Baru Hijriah Momentum Mengenang Peristiwa HijraH Nabi Muhammad SAW

Dibaca : 367

Jakarta, Prokabar — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengucapkan selamat memperingati Tahun Baru Islam 1440 Hijriah, yang jatuh pada Selasa (11/9) kemarin.

“Semoga kualitas-kualitas hidup kita semakin membaik,” ujar Lukman Hakim Saifuddin dalam video pendek yang diunggah di akun twitter Kementerian Agama @Kemenag_RI.

Lukman menjelaskan, bahwa Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriah merupakan momentum untuk mengingatkan pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dari Mekah ke Madinah.

Hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, 15 abad yang silam merupakan suatu mata rantai perjuangan membangun tatanan kehidupan masyarakat yang memberikan jaminan kebebasan menegakkan akidah, menjalankan ibadah dan menegakkan ajaran Islam yang rahmatan lilalamin.

Menurut dia, peristiwa hijrah merupakan tonggak paling bersejarah dalam perkembangan dakwah Islam ke seluruh dunia. Sehingga ditetapkan sebagai permulaan penanggalan tahun baru Islam.

“Memperingati momentum tahun baru Hijriah berarti meneguhkan sekaligus menegaskan komitmen penunaian kerja nyata menuju kemajuan yang lebih baik dan berkualitas dalam membangun peradaban bersama di masa kini dan mendatang,” jelasnya. (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top