Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Mau Nyaleg di DPRD 50 Kota? Ini Syaratnya

Dibaca : 654

Limapuluh Kota, Prokabar – Anda berminat jadi calon anggota legislatif (nyaleg,-red) 2019, termasuk untuk DPRD Limapuluh Kota, maka penting membaca syarat ini.

Komisi Pemilihan Umum melalui pengumuman bernomor 17l PL01 .4-PUItlOT IKPU-Kab/Ull2018
tentang pengajuan bakal calon anggota DPRD Limapuluh Kota 2019 menyebut, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

“Bagi bakal calon yang berstatus sebagai Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah, ASN, TNI, Polri, Direksi, Komisaris, Dewan Pengawas dan Karyawan pada BUMD/BUMN, atau yang berprofesi apapun dan bersumber dari keuangan negara, wajib mengundurkan diri,” kata Ketua KPU Limapuluh Kota, Masrijon, kepada Prokabar Sabtu (30/6).

Didampingi Komisioner KPU yang juga mantan wartawan Amfreizer, Masrijon menyebut, pengunduran diri atau pemberhentian itu, dapat diserahkan paling lambat H-1 penetapan Daftar Calon tetap.

Termasuk, untuk kalangan pendidik. Tidak hanya pegawai negeri, namun juga guru swasta yang menerima sertifikasi.

Adapun syarat bakal calon anggota DPRD Lima Puluh Kota sebagaimana dimakud pada pasal 240 ayat 1 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum lainnya, berbunyi sebagai berikut.

Pengajuan syarat dilakukan oleh pimpinan/pengurus partai politik tingkat DPC/sebutan lain atau petugas penghubung/LO yang telah ditunjuk berdasarkan
surat mandat dari Partai Politik, dengan menyampaikan.

Masing-masing,

Surat Pencalonan (Formulir Model B-DPRD Kabupaten); Daftar Bakal Calon per Daerah Pemilihan (Formulir Model 8.1-DPRD Kabupaten); Surat Pernyataan bahwa Partai Politik telah melaksanakan seleksi bakal calon secara demokratis (Formulir Model B.2-DPRD Kabupaten).

Formulir sebagaimana dimaksud telah ditandatangani asli dan cap basah oleh Ketua dan Sekretaris Partai Politik peserta Pemilu tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota dalam 1 (satu) rangkap asli.

“Dokumen syarat Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota yang diserahkan terdiri dari, Surat Pernyataan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten dalam Pemilihan Umum 2019 (Formulir model BB.1-DPRD Kabupaten),” sambung Amfreizer.

Kemudian, fotocopy KTP Elektronik;
Surat Keterangan Sehat Jasmani, Surat Keterangan Sehat Rohani, Surat
Keterangan Bebas Penyalahgunaan Narkotika, Fotocopy KTA Partai Politik Peserta Pemilu.

Selanjutnya, tanda bukti terdaftar sebagai pemilih, Daftar Riwayat Hidup Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten dalam Pemilihan Umum 2019 (Formulir model BB.2-DPRD Kabupaten), Pas Foto 4×6 berwarna sebanyak 2 (dua) lembar dan softcopy serta Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Berikut, Surat Keterangan Tidak Pernah Dipidana Penjara dari Pengadilan Negeri di Wilayah Hukum tempat tinggal Bakal Calon dan Surat Penetapan Pengadilan, dalam hal nama tidak sesuai dengan KTP.

Jadi bagaimana, anda berminat? (vbm)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top