Ekonomi

Mau Lebaran di Sumbar, Ini Uang Rp3,8 Triliun

Padang, Prokabar – Mau Lebaran di Sumbar. Tenang saja. BBM cukup, beras murah, makan enam. Cuma tiket mahal. Tenang saja, sebab Bank Indonesia (BI) menyediakan uang tunai baru keluar dari percetakan. Jumlahnya Rp3,8 triliun.

Wow. Begitulah BI Perwakilan Sumatera Barat menyambut Idul Fitri 1439 Hijriah.

“Setiap Lebaran permintaan uang baru di Sumbar terus naik karena ada tradisi manambang, untuk tahun ini kami menyiapkan Rp3,8 triliun atau naik 11 persen dibanding 2017 yang hanya Rp3,4 trilun,” kata Kepala BI pewakilan Sumbar, Endy Dwi Tjahjono di Padang, Rabu.

Ia mengatakan pada tahun ini warga yang hendak menukarkan uang akan dilayani di loket yang disiapkan di kantor BI Sumbar Jalan Sudirman mulai 21 Mei hingga 7 Juni 2018, setiap hari Senin sampai Kamis pukul 08.30 WIB hingga 13.00 WIB.

“Layanan penukaran ini khusus untuk uang pecahan kecil Rp20 ribu ke bawah, untuk uang rusak, lusuh dan cacat sementara waktu ditiadakan,” kata dia.

Endy mengatakan dalam penukaran BI bekerja sama dengan Bank Nagari, BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BCA yang nantinya akan ada booth setiap bank tersebut di BI.

BI Sumbar juga menyediakan layanan penukaran luar kota untuk Bukittinggi dan Payakumbuh pada 2 Juni 2018 pukul 08.30 WIB sampai 13.00 WIB, Kota Pariaman dan Solok 9 Juni 2018 dari pukul 08.30 WIB sampai 13.00 WIB, ujarnya.

“Penukaran di pinggir jalan juga sarat akan riba karena transaksi yang dilakukan menggunakan prinsip jual beli dengan keuntungan sementara nilai uang yang ditukar tidak sama,” kata dia.

Sebelumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) Padang menegaskan jasa penukaran uang di pinggir jalan yang marak menjelang Lebaran hukumnya haram karena di dalamnya terdapat unsur riba. (*/cpp)

Berani Komen Itu Baik
To Top