Daerah

Masyarakat Mulai Ramaikan Masjid Raya Istiqlal Kampuang Kalawi untuk I’tikaf 

Dibaca : 147

Padang, Prokabar – Memasuki sepuluh hari terakhir Ramadan, jama’ah I’tikaf mulai meramaikan masjid dan Musala di malam hari. Salah satunya di Masjid Raya Istiqlal Kampuang Kalawi.

Jamaah terlihat mulai memadati Masjid sejak pukul sebelas malam. Sebagian memulainya dengan membaca Alqur’an dan juga berdzikir. Selanjutnya jamaah pun beristirahat sebelum bangun kembali saat waktu menunjukkan pukul setengah tiga malam.

Usai bertadarus beberapa waktu, selanjutnya dilakukan shalat tahajud berjamaah, yang dipimpin salah satu Ustad atau pengurus Masjid.

Selanjutnya jamaah kembali melafalkan ayat ayat Alqur’an hingga pukul empat pagi.

“Setiap tahun jamaah memang menjadikan masjid ini untuk melakukan I’tikaf. Suasana masjid yang sejuk, yang juga dilengkapi dengan pendingin ruangan, membuat suasana i’tikaf menjadi lebih khusyuk dan tenang, sebut Suryadi, jamaah Masjid Raya Istiqlal Kalawi.

“Kedepan tentu akan dikemas lebih baik lagi oleh Pengurus Masjid Raya Istiqlal Kalawi,”sambung pengurus lainnya Fajar.

Di Masjid lainnya, suasana i’tikaf juga dikemas sedemikian rupa. Seperti waktu istirahat mulai pukul sepuluh hingga pukul setengah dua malam. Dan dilanjutkan dengan tausiyah malam dan juga shalat tahajud berjamaah dan sahur bersama hingga shalat subuh. Kemudian tausiyah subuh pada setengah enam pagi menjadi penutup kegiatan I’tikaf. (Adh)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top