Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Masyarakat Biasakan Protokol Kesehatan, Kasus Positif Corona Melandai di Pasaman

Dibaca : 161

Pasaman, Prokabar — Masyarakat Pasaman agaknya mulai terbiasa dengan protokol kesehatan Adaptasi Kebiasan Baru (AKB). Ini terlihat dari tingkat kepatuhan masyarakat yang mulai membiasakan diri memakai masker saat beraktifitas di luar rumah. Baik itu para pekerja atau masyarakat biasa.

Tidak itu saja, para pelaku usaha pun juga begitu. Menyediakan sara dan prasarana untuk cuci tangan. “Meski tidak 100 persen masyarakat kita patuh, namun bisa dikatakan masyarakat Pasaman mulai terbiasa dengan AKB ini. Contohnya saja kita-kita para pekerja, kalau tidak memakai masker saat ke luar rumah lain pula rasanya,” kata kepala Dinas Kesehatan Pasaman, Rahardian Suryanta Lubis.

Diakui Rahardian, mulai terbiasanya masyarakat menerapkan AKB ini tidak terlepas dari tim penegakan hukum terpadu (Gakumdu) covid-19 Pasaman yang gencar mensosialisasikan dan menindak masyarakat Pasaman yang tidak patuh.

Di sisi lain, saat ini, meski Pasaman sudah minim kasus positif corona, Rahardian meminta masyarakat untuk tidak lengah atau mengabaikan AKB. Sebab, sampai saat ini belum ada tanda-tanda pandemi ini bakal berakhir.

“Yang bisa menjauhkan atau melindungi kita yaitu diri kita sendiri dengan membatasi aktifitas di luar rumah atau keramaian dan selalu menerapkan AKB, seperti rajin cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak saat di keramaian,” kata Rahardian.

Hingga saat ini, di Pasaman sendiri dari 285 kasus yang positif, sudah 234 orang yang terpapar corona dinyatakan sembuh, masih dirawat empat orang, isolasi mandiri 38 orang dan meninggal sembilan orang dengan status positif corona dan memiliki Riwayat penyakit menahun.

“Dibanding daerah lain, Pasaman termasuk daerah yang minim kasus. Mari kita pertahankan ini dengan tetap disiplin protokol kesehatan,” imbau Rahardian. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top