Daerah

Subhanallah, Waktu Tunggu Haji Sawahlunto 17 Tahun

Sawahlunto, Prokabar – Waktu tunggu keberangkatan haji di Sawahunto mencapai 17 tahun. Hal itu ditetapkan Kementerian Agama perwakilan Kota Sawahlunto, kemarin.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto, Idris Nazar mengatakan, hal itu disebabkan karena ramainya peminat jemaah yang ingin berangkat ke tanah suci.

Artinya dengan demikian, jemaah yang mendaftar di tahun 2018 ini, maka akan berangkat pada tahun 2035 mendatang.

“Jadi JCH yang kami dipanggil sekarang ini, agar tidak mengundurkan diri, pasalnya peluang berangkat haji saat ini tidak mudah dan menunggu waktu yang lama,” katanya dihadapan JCH Sawahlunto yang berangkat tahun 2019 mendatang.

Idris menambahkan, untuk saat ini tercatat ada 54 jemaah yang akan diberangkatkan pada musim haji tahun depan dengan 8 cadangan CJH.

“Semuanya terdata dalam database Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat),” ujar dia.

Pertemuan dengan JCH bertujuan memberikan informasi umum tentang kesiapan haji, validasi data termasuk persyaratan administrasi lain yang harus dilengkapi.

“Mulai sekarang, JCH supaya menjaga kesehatan, membiasakan diri olahraga ringan seperti jalan kaki setiap pagi,” sebut dia.

Menyangkut bimbingan manasik haji tahun besok, sebut dia, pemerintah hanya menfasilitasi 10 kali pertemuan, 2 kali tingkat kota, 8 kali di kecamatan.

Sementara Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, Azwir menjelaskan, 54 JCH Sawahlunto terdiri 22 orang laki-laki dan 32 orang perempuan.

Adapun dari Kecamatan Barangin berjumlah 19 orang, Lembah Segar dan Talawi masing-masing 13 orang, sedangkan Kecamatan Silungkang 10 orang.(*/mbb)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top