Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Masuki Tahapan Kampanye, Bawaslu Pasaman Tertibkan Ratusan Baliho Paslon Pemilu

Dibaca : 474

Pasaman, Prokabar — Bawaslu Kabupaten Pasaman bersama tim gabungan melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) pemilihan serentak Bupati dan Wakil Bupati Pasaman dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Tahun 2020. Penertiban APK ini dilakukan Kamis (1/10).

Dalam penertiban APK tersebut, tampak ikut ke lapangan Komisioner Banwaslu Pasaman Mesrawati, Komisioner KPU Pasaman Juli Yusran dan Ajriaman, personil dari Polres Pasaman, Kodim 0305 Pasaman, Kejaksaan Negeri Pasaman, Satpol PP Pasaman, Kesbangpol Pasaman serta Panwascam.

Mesrawati mengatakan, kegitan ini merupakan upaya untuk menertibkan tahapan kampanye yang sudah berjalan.

“Penertiban hari ini berjalan dengan baik, sesuai mekanisme undang-undang berlaku. Sesuai PKPU nomor 11 tahun 2020 Perubahan PKPU nomor 4 tahun 2017, bahwa nanti APK yang boleh dipasang adalah APK yang dicetak oleh KPU, dan APK tambahan yang dicetak oleh pasangan calon dengan menyampaikan desainnya ke KPU serta dipasang di zona yang telah ditetapkan oleh KPU,” terang Mesrawati.

Mesrawati juga menyampaikan, dalam penertiban APK ini direncanakan selama dua hari ke depan dan diharapkan dengan dua hari tersebut selesai pada seluruh kecamatan yang ada di Pasaman.

“Untuk jumlah personil dalam rangka penertiban APK ini berjumlah lebih kurang 60 personil. Dari 60 personil tersebut, dibagi menjadi tiga tim. Terkait personil yang terlibat dalam penertiban APK ini dengan beberapa unsur. Yakni dari Bawaslu Pasaman, KPU, TNI, Polri, Satpol-PP, Kejaksaan dan Kesbangpol,” ungkap Mesrawati.

Dari 3 tim tersebut, tambah Mesrawati, ditugaskan untuk enam kecamatan. Yaitu tim 1 adalah Kecamatan Lubuk Sikaping dan Bonjol. Tim 2 adalah Panti, Padang Gelugur serta tim 3 yang ditugaskan ke Kecamatan Rao dan Rao Selatan.

“Penertiban APK ini sesuai kesekapatan dari hasil koordinasi bersama KPU, Paslon serta stakeholder terkait,” jelas Mesrawati.

Bawaslu Pasaman mengimbau kepada paslon yang memasang APK yang mencetak sendiri untuk dipasang zona yang telah ditetapkan KPU. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top