Bola

Masril Mahmud Striker Legendaris Semen Padang Tak Pernah Jauh Dari Sepakbola

Padang, Prokabar – Alunan musik dangdut dari telepon pintar langsung disambut dengan lantunan lirik yang sedih, tak mempengaruhi uncu, panggilan masril mahmud untuk terus bergoyang, menikmati irama lagu.

Siang itu, Masril Mahmud bersama beberapa rekannya baru saja bermain sepakbola di lapangan Brandon Lapai. Sebuah kedai lontong sederhana persis di tepi perlintasan sebidang Jalan Jhoni Anwar menjadi lokasi persinggahan.

Seperti biasa, mantan striker legendaris Semen Padang berusia 46 tahun ini, tetap menjadi sorotan dimana pun berada. Pahit manis selama 18 tahun berkecimpung di dunia persepakbolaan sebagai pemain sepakbola profesional jadi topik pembicaraan sepanjang Ahad siang itu.

Masril mahmud mengawali karier sebagai pemain muda di Semen Padang pada usia 21 tahun di 1993. Dirinya hanya sebagai pelapis dari dua striker kawakan, Delviadri dan Taufik Yunus. Sempat dicoba sebagai pemain tengah hingga sayap kiri.

Nama Masril naik daun setelah mencetak gol melalui kepala melawan Sarajevo FC dalam pertandingan persahabatan di Stadion GOR Haji Agus Salim Padang. Dengan tekad yang tertanam pada dirinya, sejak saat itu, Masril Mahmud terus menjadi andalan lini depan Semen Padang.

“Tekad yang tertanam dalam diri waktu itu, jika saya diberikan kesempatan, saya akan terus pertahankan tempat saya di skuad utama.” Terang uncu, sapaan akrabnya dengan meyakinkan.

Dirinya berpesan kepada pemain muda, terutama para striker untuk menguasai teknik kontrol bola dengan baik. Selain itu pemain wajib memiliki wawasan yang luas. Dengan kesungguhan, dirinya yakin pemain muda di Kota Padang dan Ranah Minang umumnya dapat berkarir di persepakbolaan profesional di Indonesia.

Lepas dari Semen Padang di 1999, Masril Mahmud menyeberang ke PSP Padang. Dua tahun di PSP uncu pindah ke PSJS, Persijatim, Arema hingga pensiun di Persitara Jakarta utara.

Kini dua pekan pasca mengundurkan diri dari pelatih kepala PSP Padang, ia fokus melatih SSB Garuda Jaya dan dalam waktu dekat melatih di tim SMA 13 Padang untuk bersiap menuju LPI.(adh)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top