Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Masjid Nurul Jamik Direnovasi, Pengurus Tunggu Dana BKBK

Tanah Datar, Prokabar – Masjid Nurul Jamik di Jorong Patai Nagari Padang Magek, Kecamatan Rambatan, saat ini dalam proses pembangunan ulang atau direnovasi.

Besarnya biaya yang harus digelontorkan untuk renovasi mesjid tersebut, pihak pengurus mengaku butuh bantuan dari segala unsur lapisan masyarakat di Kabupaten Tanah Datar

Syafril Jamal, ketua pengurus mesjid Nurul Jamik mengungkapkan jika untuk menyelesaikan proses pembangunan mesjid hingga rampung membutuhkan biaya maksimal sebesar Rp4 Miliar. Setidaknya, sampai saat ini, proses pembangunan telah memakan biaya hingga ratusan juta rupiah.

Lebih lanjut ia mengatakan, pembangunan mesjid Nurul Jamik mengandalkan swadaya masyarakat, bantuan perantau, serta bantuan APBD yang bersumber dari wakil rakyat di parlemen Tanah Datar.

“Bantuan APBD itu dari dana bantuan keungan bersifat khusus atau BKBK ke Nagari. Jadi harapan, mudah mudahan itu terealisasi cepat dan bisa dilanjutka pembangunannya,” ucap Syafril Jamal saat ditemui di Mesjid Nurul Jamil Patai Padang Magek.

Secara rinci Syafril Jamal menerangkan jika pada tahun 2019, dana BKBK yang diperoleh mesjid Nurul Jamik sebesar Rp320 juta.

“Itu pum belum cair satu sen pun, dan mudah-mudahan pemerintah daerah desember ini bisa merealisasikannya ke Nagari dan bisa dilanjutkan pembangunannya,” ucapnya.

Kondisi terberat yang dialami pengurus mesjid dalam proses kelanjutan pembangunan meajid Nurul Jamik berupa pembelian semen dan pengadaan besi. Hal ini dikarenakan kedua item material utama pembangunan harganya yang cukup mahal.

Pengurus berharap, segala lapisan masyarakat dapat berpartisipasi dalam kelanjutan renovasi mesjid Nurul Jamik. Terlebih, proses renovasi itu hampir menyuluruh dan bisa dikatakan hampir membangun ulang mesjid. Mesjid Nurul Jamik merupakan satu satunya mesjid di daerah itu yang setiap harinya digunakan masyarakat untuk beribadah 5 waktu.

Sementara itu, Wahyu Iramana Putra yang menyempatkan diri melaksanakan Salat Zuhur berjamaah di mesjid tersebut, turut memberikan bantuan kepada pengurus mesjid. Meski tidak bantuan yang diberikan tidak seberapa, bakal calon Bupati Tanah Datar periode 2021-2026 itu berharapa dapat meringankan panitia pembangunan mesjid Nurul Jamik Patai.

“Nanti kita akan datang lagi ke masjid ini, untuk melihat proses pembangunannya,” tutup Wahyu Iramana Putra.(eym)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top