Trending | News | Daerah | Covid-19

Artikel

Mari Mendongeng, Pentingnya Memperingati Hari Dongeng Sedunia Di Zaman Milenial

Dibaca : 197

Oleh: Vizia Sepnita Saputri, Mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau, Universitas Andalas

 

Padang, Prokabar — 20 Maret lalu, dimaknai sebagai salah satu penghormatan atas warisan leluhur atau biasa disebut sebagai Hari Dongeng Sedunia. Hari Dongeng Sedunia berawal dari hari mendongeng nasional di Swedia dengan nama All Storytellers Day, yang di mulai pada tahun 1991-1992 oleh para pendongeng di Swedia. Pada 20 Maret 1997, para pendongeng di Perth. Australia juga mengadakan peringatan hari dongeng yang disebut sebagai Celebration of Story, atau dikenal dengan Internasional Day of Oral Narrators.

Setelah itu, di Meksiko dan beberapa negara di Amerika Selatan memperingati pada tanggal 20 Maret 1997 sebagai Hari Dongeng Nasional. Sejak saat itu hingga sekarang, tanggal 20 Maret dijadikan sebagai Hari Dongeng Internasional. Hari Dongeng Sedunia merupakan sebuah perayaan tahunan yang diperingati setiap tanggal 20 Maret, dan disepakati sebagai perayaan global dalam seni bercerita secara lisan atau mendongeng. Peringatan hari dongeng sedunia mendasarkan tentang fakta bahwa dongeng dapat mengubah dunia melalui pesan moral pendengarnya.

Dongeng merupakan sebuah karya sastra yang menceritakan tentang cerita rakyat yang tidak benar-benar terjadi (khayalan) atau fiksi, tidak terikat oleh waktu maupun tempat, dan bersifat menghibur serta mengandung nilai pendidikan dan moral. Dongeng berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral dan ada pula sebagai penghibur. Menurut James Danandjaja menyatakan bahwa Dongeng ialah termasuk sebuah cerita rakyat lisan yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh yang bercerita. Dongeng juga tidak terikat oleh suatu tempat ataupun waktu, karena dongeng diceritakan terutama untuk menghibur. (gurupendidikan.co.id)

Cerita dongeng merupakan sebuah bentuk cerita tradisional yang dapat diceritakan secara turun-temurun. Cerita dongeng berbentuk penuh khayalan yang bersifat fiktif, namun terkadang dongeng terinspirasi dari suatu kejadian di dunia nyata (yang benar-benar terjadi). Peringatan Hari Dongeng Sedunia merupakan hari yang dianggap penting. Terutama di zaman sekarang, zaman yang serba canggih dengan teknologi. Media sosial yang digunakan juga bisa dibutuhkan untuk menceritakan dan mengetahui sebuah dongeng yang akan diceritakan oleh orang tua kepada anaknya.

Di zaman sekarang dunia dongeng sudah jarang sekali didengarkan oleh anak-anak, karena orang tua sudah tidak lagi menceritakan dongeng kepada anaknya. Anak zaman sekarang hanya mendapatkan cerita dongeng dari dunia pendidikan. Ada juga orang tua yang menceritakan dongeng kepada anaknya, namun itu hanya sebagian dari orang tua yang masih ingin mengembangkan tradisi dongeng di dunia.

Orang tua sangat berperan dalam mengembangkan dongeng kepada anaknya. Dengan menceritakan dongeng kepada anaknya, orang tua sudah memberikan wawasan dan nilai-nilai moral kepada anaknya. Dongeng didapatkan oleh anak-anak bukan dari orang tua saja, namun di sekolah mereka juga mempelajari tentang dongeng-dongeng yang ada di Indonesia maupun diluar Indonesia.

Dongeng memiliki tujuan untuk menampilkan nilai-nilai kejujuran kepada anak, kerjasama, persahabatan, keberanian, dan sebagai sarana penghibur. Dongeng juga bertujuan untuk mengajak semua orang agar mendongeng dan mendengarkan cerita dari berbagai bahasa, budaya dan negara. Dan tujuan utama diperingati hari dongeng sedunia adalah supaya para pendongeng bisa saling mengeratkan hubungan satu sama lain. Seiring berjalannya waktu, Hari Dongeng Sedunia bertujuan untuk memperkenalkan dongeng sebagai sebuah kesenian dan bentuk kebudayaan kepada masyarakat.

Dongeng dijadikan sebagai nutrisi pelengkap perkembangan karakter anak. Dongeng bisa mendorong anak untuk berpikir sistematis, dan juga dapat menanamkan nilai-nilai moral tanpa membuat anak terasa dinasehati, serta membantu anak-anak untuk memahami masalah dalam kehidupan sehari-hari, dan menanamkan semangat integritas dan sikap antikorupsi sejak usia dini. Mendongeng kepada anak dapat memberikan manfaat seperti memberikan minat baca kepada anak, memancing nalar, empati dan imajinasi, membangun ikatan, internalisasi nilai, mengembangkan kemampuan berbahasa anak, meningkatkan terampilan berbicara, memperkenalkan nilai-nilai moral, dapat mendalami budaya lain, memperkenalkan ide-ide baru, serta menambah wawasan pada anak.

Di Minangkabau dongeng diceritakan dalam bentuk vesri kebudayaan yang berbeda di masing-masing daerah. Ada yang mengunakan versi cerita dan ada juga dengan versi lagu atau dendang. Orang tua menggunakan cara yang berbeda-beda dalam menceritakan dongeng kepada anaknya sesuai  daerah mereka tinggal. Itu dilakukan di masing-masing daerah yang ada di Minangkabau yang memiliki kebudayaan tersendiri. Dongeng di Minangkabau juga diceritakan oleh orang-orang melalui kaba dan juga diceritakan dalam sebuah pertunjukan drama serta pertunjukan randai. Dan melalui pertunjukan kesenian tersebut dapat mewujudkan tradisi kebudayaan di Minangkabau, serta dapat menceritakan kembali dongeng-dongeng di Minangkabau.

Di zaman milenial ini seharusnya untuk mewujudkan karya sastra dapat menggunakan media sosial yang biasa digunakan dalam keseharian untuk berkomunikasi sekaligus membantu memberikan informasi. Dengan memperingati Hari Mendongeng Sedunia melalui media massa dapat dilakukan antara orangtua dan anaknya, guru bercerita kepada muridnya hingga mengadakan lomba mendongeng untuk mewujudkan kembali budaya mendongeng di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Bagaimana cara memperingati Hari Dongeng Sedunia? Caranya tentu dengan menggunakan media sosial yang ada, pada saat memperingati Hari Dongeng Sedunia orang diberbagai tempat di penjuruh dunia akan menceritakan dan mendengarkan kisah dongeng sebanyak  mungkin, dengan berbagai ragam bahasa dan budaya mereka pada saat siang dan malam. Pentingnya di zaman sekarang untuk memperingati Hari Dongeng Sedunia yaitu untuk membudayakan cerita rakyat atau cerita tradisional agar tetap berkembang di kalangan anak-anak, serta mendidik anak-anak agar mereka memiliki nilai-nilai moral yang dapat diambil dari cerita dongeng yang dibacanya. Dan dapat memiliki wawasan yang luas dalam mengembangkan sebuah karya sastra di Indonesia.

Hari Dongeng Sedunia dapat diperingati melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi anak-anak. Seperti mengadakan lomba mendongeng, pentas seni yang bertemakan dongeng, dan bentuk karya lainnya yang berkaitan dengan dongeng. Dengan begitu kita dapat mewujudkan dan mengembangkan kembali budaya dan kearifan lokal yang ada di Indonesia. (***)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top