Daerah

Mantap, RSUD M. Zein Painan Tambah Jam Pelayanan Cuci Darah

Pessel, Prokabar —Pelayanan hemodialisa atau disebut dengan cuci darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Zein Painan, Kabupeten Pesisir Selatan (Pessel), yang dibuka sejak Agustus 2018 tahun lalu, hingga kini semangkin berkembang pesat.

Dengan melayani pasien yang akan menjalani pengobatan cuci darah secara rutin di RSUD M. Zein, sehingga pelayanan cuci darah dibuka dari hari Senin-Sabtu dimulai dari pukul 07.00-13.30 WIB dan melayani pasien umum maupun BPJS Kesehatan.

“Untuk sekarang ini, kapasitas tempat tidur lengkap dengan peralatan cuci darah, kami ada 5 tempat tidur dengan peralatan yang memadai dan empat orang tenaga perawat yang sudah terlatih dan bersertifikat hemodialisa,” kata dokter ruangan hemodialisa, RSUD M. Zein Dona Hamrita kepada Prokabar.com Senin (27/5).

Dalam kesempatan itu, Kepala Instalasi Hemodialisa, Ardian mengatakan, pasien kami rata-rata adalah pasien BPJS Kesehatan travelling, yaitu pasien pindahan dari pelayanan hemodialisa dari RSUP M. Djamil dan salah satu pasien dari Rumah Sakit Pekanbaru, dipindahkan karena lebih dekat ke rumah sakit kami.”

Ia menyebutkan, pasien dari Barung-Barung Belantai sampai dengan Silaut Cuci Darah tetap disini (RSUD), sedangkan yang dari Siguntur berobat ke Padang, sebab, letak geografisnya lebih dekat ke Padang.

Kepala Bidang Pelayanan Medis, Reyantis Capanay mengatakan, saat ini pihaknya melayani 15 orang pasien yang rutin melakukan cuci darah dua kali seminggu dengan 4 orang pasien dalam daftar tunggu.

Seiring itu, kata Rayantis, dengan tempat tidur yang dimiliki masih kurang. Untuk melengkapinya pihaknya sedang mengupayakan bagaimana agar jam pelayanan di hemodialisa bisa ditambah shifnya,”.

“InsyaAllah bulan Juni besok, kami akan menambah jam pelayanan di hemodialisa, yaitu akan kita tambah pelayanan dari siang hingga Sore, sehingga akan menambah jumlah pasien yang dapat kita bantu proses pengobatannya, agar pasien tidak perlu jauh-jauh ke Padang untuk cuci darah,” ujarnya.

Salah seorang pasien cuci darah, Bustamil mengatakan, dirinya sudah lama melakukan pengobatan cuci darah di RSUD M. Zein ini.

“Saya puas dengan pelayanan di RSUD M. Zein Painan, sebelumnya saya harus rutin dua kali seminggu ke Padang untuk melakukan cuci darah, selain jauh dan capek, dari segi biaya juga bertambah besar,” ujarnya.

“Sekarang saya nggak perlu jauh-jauh dari Air Haji ke Padang untuk melakukan cuci darah, cukup ke Painan sudah bisa, ditambah dokter dan perawatnya ramah dan sangat bersahabat,” ujarnya.

Direktur RSUD M. Zein Painan, Sutarman mengatakan, pihaknya terus mengupayakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara optimal dan prima, salah satunya dengan pelayanan hemodialisa ini.

Bagi masyarakat di Pesisir Selatan tentu lebih dekat berobat sehingga mengurangi biaya pengobatan dan bisa semangkin menambah motivasi pasien berobat rutin.

“Setelah penambahan shift siang di hemodialisa dan penambahan tenaga perawatnya, kedepannya kami juga akan mengupayakan menambah tempat tidur serta peralatan yang dianggap penting,” tutupnya,(min)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top