Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Mantap, Pemkab Pessel Bakal Terapkan Pajak Sarang Burung Walet

Dibaca : 374

Pessel, Prokabar — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) pada tahun 2020 bakal menerapkan pajak sarang burung walet dan air bawah tanah. Upaya itu untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Badan Pendapatan, Dasrianto Putra mengatakan, dua potensi itu sudah ada Peraturan Bupati (Perbub) nomor nomor 19 tahun 2019 tentang harga pasaran umum sarang burung walet.

“Penerapan pajak walet dan pajak air bawah tanah akan mulai kita berlakukan tahun depan, saat ini payung hukumnya sudah dibuat berupa Perbub tadi, “ujarnya pada Prokabar.com Senin (30/9) di Painan.

Jika dua potensi ini berjalan dengan baik maka potensi PAD ‘Negeri Berjuluk Sejuta Pesona’ ini akan meningkat.

Ia menjelaskan, penerapan pajak sarang burung walet dan air bawah tanah ini merupakan potensi yang baik untuk dikelola, sebeb sumbernya banyak di wilayah Pessel ini.

Menurut Dasrianto, realisasi kontribusi pajak sarang burung walet pihaknya terus melakukan sosialisasi secara intens kepada pemilik usaha sarang burung walet sehingga dapat di ketahui pemilik usaha tersebut.

“Pajak sarang burung walet dan pajak air bawah tanah ini frospeknya sangat baik untuk dikelola dan dipungut pajaknya, kami sudah melakukan pendekatan dengan sejumlah pengusaha, “ujarnya lagi.

Ia menilai, masyarakat untuk membudidayakan sarang burung walet cukup tinggi di Pessel, di harapkan pemilik sarang burung walet mendukung pemerintah dalam berkontrobusi melalui pajak, tutupnya. (min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top