Budaya

Mantap, Festival Silat Art Dan Pacu Perahu Tradisional Segera di Nagari Maninjau

Maninjau, Prokabar —Pemerintahan Nagari Maninjau berencana menggelar Festival Ivent Tradisional Nagari Maninjau di Maren nanti. Hal tersebut disampaikan Waninagari Alfian kepada Prokabar.com disela-sela kesibukannya, memperindah Pantai Panyinggahan, Sabtu siang.

Menurutnya, dengan adanya berbagai ivent yang diselenggarakan, tingkat kunjungan akan semakin tinggi nantinya. Festival maupun ivent jelas akan mendorong perantau untuk pulang ke kampung halaman. Selain itu, wisawatan nasional dan internasional akan semakin tertarik melihat pertunjukan tradisional khas Maninjau.

“Kita memiliki beragam budaya tradisional khas dan menarik. Seni beladiri Silat, Gandang Tambua dan Perahu tradisional yang unik. Kita akan melombakanya,” ujar Alfian.

Selain itu lanjutnya, kita juga memiliki makanan tradisional satu-satu di Dunia, hanya ada di Danau Maninjau. “Ikan Rinuak dengan beragam olahan. Hanya ada di Selingkar Danau Maninjau. Dan ini sebuah anugrah pada kita, untuk memanfaatkannya untuk peningkatan perekonomian masyarakat,” Jelasnya.

Alfian juga mengutarakan, Nagari Maninjau sedang fokus pembenahan objek wisata dan pelaku wisata. “Kita harus merancang dan mempersiapkan sektor pariwisata sebagai pendobrak peningkatan perekonomian masyarakat. SDM serta sarana dan prasarananya. Kita punya Pantai Panyinggahan yang cukup indah. Dan di sini kita bisa buat perlombaan pacu perahu tradisional,” terangnya.

Walinagari Maninjau ini juga menambahkan, dana desa tahun 2019 ini akan dianggarkan pembuatan tambatan perahu. Hal ini selaras program Pemerintah Kabuaten Agam dalam mensukseskan Save Maninjau dan mensukseskan Danau Maninjau sebagai destinasi wisata andalan di Nasional.

“Peresmian Pantai Panyinggahan yang sudah kita bangun melalui swadaya masyarakat ini, direncanakan Maret 2019 ini. Sekaligus pelaksanaan Festival Anak Nagari Maninjau. Silat Art, Tambua Tansa dan Perahu Tradisional menjadi ivent andalan kita nantinya,” pungkas Walinagari Maninjau. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top