Trending | News | Daerah | Covid-19

Lebaran

Malam Takbiran, Ribuan Obor Diiringi Takbir Mambahana di Pasaman

Dibaca : 278

Pasaman, Prokabar — Semalam, sebelum Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, suasana Pasaman riuh gegap gempita. Di pusat kota hingga pelosok, di warung nongkrong, di pasar, di tempat tukang pangkas rambut, di semua tempat di Pasaman bergema takbir. Menyambut datangnya hari yang suci.

Tidak ada orgen atau semacamnya, seperti himbauan Bupati Pasaman, Yusuf Lubis. Pawai kendaraan juga tidak. Yang ada hanya ribuan obor yang apinya membara seperti semangat masyarakat menyuarakan takbir keliling kampung.

Seperti di Kampung Padang Petok, Jorong Petok, Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti. Ratusan masyarakat berlomba-lomba membacakan takbir, keliling kampung. Suasana seruoa juga ada di Kecamatan Rao, di Pauh, Nagari Durian Tinggi, Kecamatan Lubuk Sikaping dan di daerah lainnya. Semua bertakbir.

“Ini adalah hari kemenangan bagi kita umat muslim. Hari dimana semuanya fitri. Tidak mungkin dicederai dengan perbuatan atau kegiatan yang merugikan. Jadi pada intinya, dengan pawai obor inilah, kami rasa masyarakat bisa meluapkan semua rasa semangatnya menyambut hari raya,” kata Muhammad Abdi Lubis, salah seorang masyarakat Nagari Panti Selatan.

Pantauan Prokabar.com, kegiatan ini tampak berjalan lancar. Bahkan, dikawal oleh petugas kepolisian.

“Selama itu positif, kita mendukung. Kami menghimbau, semua masyarakat bisa sama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan,” kata Kapolres Pasaman, AKBP Hasanuddin. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top