Daerah

Makan Bareng Nenek Sebatang Kara, PWI dan BKSDA Agam Ajak Masyarakat Berbagi Sesama

Dibaca : 126

Agam, Prokabar – Setelah sukses menjalin silahturahmi dengan masyarakat Sungai Batang, PWI Agam dan BKSDA Resor Agam melanjutkan Safari Ramadan di Kampuang Tanjuang Jorong Balai Badak, Nagari Batu Kambiang, Kecamatan Ampek Nagari, Sabtu (1/5).

Usai sholat magrib berjemaah di Masjid Nurul Hidayah, dilanjutkan berbuka bersama di rumah seorang nenek.

Melalui pendampingan Wali Jorong Balai Badak, Adamri Idrus (50) dan sejumlah warga, rombongan PWI dan BKSDA itu melaksanakan berbuka puasa bersama di rumah Asnizar (65). Seorang nenek hidup sebatang kara di rumahnya.

“Ibu Asnizar hidup sebatang kara setelah anak bungsu yang satu-satunya tinggal dan masih hidup, menjalin bahtera rumah tangga,” ungkap Wali Jorong Balai Badak.

Ia dan suaminya lanjut Adamri, sudah berpisah sejak 15 tahun lalu. Dan sudah menjadi garin masjid di Gasan Gadang, Batu Gasang, Kabupaten Padang Pariaman.

“Ibu Asnizar memiliki 5 orang anak kandung. Namun malang, sudah meninggal empat orang. Sehingga hanya satu orang yang hidup. Si bungsu Teguh Saputra (27). Telah berkeluarga pula dan tinggal di Padang Tongga, Nagari Manggopoh, Lubuk Basung,” terang Wali Jorong Balai Badak.

Kondisi itu menjadi perhatian khusus seluruh masyarakat. Pertama dengan bantuan bedah rumah dari RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) dari Dinas Perkim (Perumahan dan Pemukiman) pada 2019 lalu.

“Dengan bantuan senilai Rp 15 juta, dibangun secara gotongroyong bersama masyarakat, rumah nenek Asnizar dberdiri kokoh. Untuk mencukupi kebutuhan hidup, Pemerintahan Jorong dan Nagari juga merekomendasi program Baznas Agam melalui Program Konsuntif Rp300 ribu perbulan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PWI Agam, Mursidi mengatakan, sebagai buah tangan kunjungan selain berbuka bersama, rombongan itu juga menyerahkan satu sembako. Berupa 10 kg beras, 1 kg gula pasir, minyak gorong, satu botol sirup dan satu pakk telur ayam beras.

“Jangan dilihat nilainya, tapi lihatlah bentuk kebersamaan dan jalinan silahturahmi yang telah terjalin. Berharap bermanfaat dan memberi makna,” terangnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top