Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Lumbung Pangan Tersendat, Mantan Wali Nagari: Siap Tantang Dinas Pangan Pessel

Dibaca : 181

Pesisir Selatan, Prokabar – Tersendatnya lumbung pangan di Nagari Talaok, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar, akibat arogannya mantan Kepala Dinas Pangan, Ermiza Zizwati.

Mantan Wali Nagari Talaok, Syamsurizal membantah, apa yang dikatakan oleh dinas terkait soal tudingan lumbung pangan yang dikelolanya tidak benar.

“Lumbung pangan itu memang tidak jalan, akibat tidak direspon Rencana Usulan Kegiatan (RUK) oleh Dinas waktu itu. Saya mengajukan RUK pada 23 Februari 2014 dana tahap II dengan anggaran Rp20 juta,” ujarnya pada Prokabar.com, Rabu (19/2).

Ia membantah, apa yang dikatakan oleh dinas terkait itu bohong, dirinya siap buka data dan perang dengan dinas.

“Saya siap menantang dan buka data, serta siap perang dengan dinas,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pangan Pessel, Alfis Basyir menyampaikan,
pada tahun 2014 terjadi kegagalan dan tahun 2016 terjadi macet lumbung pangan, karena wali nagari waktu itu tidak mau merekomendasikan laporan sehingga terkatung-katung lumbung tersebut.

“Kemudian awal tahun 2017, dana cair Rp20 juta yang masuk ke rekening pribadi tanpa RUK dan rekomendasi dari dinas daerah setempat. Namun, setelah ditinjau dana itu tidak dijalankan oleh pemerintah nagari,” ujar Alfis.

Dirinya pun, menyarankan agar lumbung pangan tersebut dapat berjalan dengan baik, status tanah itu harus jelas agar bisa di serahkan ke Pemerintah daerah, tutupnya,(min)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top