Daerah

Lulus SBMPTN, Ribuan Mahasiswa Unand Ikuti Verifikasi Dokumen

Padang, Prokabar — Setelah pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) diumumkan pada 9 Juli yang lalu, ribuan mahasiswa Universitas Andalas mendatangi gedung Auditorium untuk melalukan verifikasi dokumen (pedaftaran ulang) pada selasa (16/7) kemarin.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Andalas Syafwardi, SE, mengungkapkan sebanyak 2.313 mahasiswa baru yang lulus melalui jalur SBMPTN. “Dari 2.313 ini yang telah melakukan registrasi online sebanyak 1.837,” sambungnya.

Dikatakannya pendaftaran ulang ini dilakukan selama dua hari (16-17/7) dari pagi hingga sore hari, dimana sebelumnya mahasiswa baru terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan (Medical Check Up) di Rumah Sakit Universitas Andalas, pra registrasi, pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Registrasi online.

Untuk hari Selasa yang melakukan pendaftaran ulang disebutkannya Fakultas Kedokteran, Fakultas MIPA, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Peternakan, Fakultas Farmasi dan Fakultas Kedokteran Gigi.

“Sedangkan untuk hari Rabu (17/7) dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas ISIP, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Keperawatan,” ujarnya.

Selain itu, juga dilakukan wawancara dan verifikasi dokumen bagi peserta calon penerima beasiswa Bidikmisi. “Sebanyak 772 mahasiswa jalur SBMPTN yang lulus melalui jalur SBMPTN ini diwawancarai dan diverifikasi dokumennya oleh wakil-wakil dekan III dari setiap fakultas,” tambahnya.

Ditambahkannya untuk kuota Bidikmisi tahun ini sekitar 1.600 mahasiswa baru Universitas Andalas akan mendapatkan Bidikmisi baik dari SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri.

Ia juga mengatakan mahasiswa Bidikmisi di wajibkan tinggal di asrama kecuali bagi mahasiswa yang berasal dari Kota Padang.

Disamping itu, ia juga menyampaikan saat ini sudah terdaftar sebanyak 7.153 calon mahasiswa Universitas Andalas untuk jalur Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Wilayah Barat.

“Dalam SMMPTN Wilayah Barat ini tergabung 15 Perguruan Tinggi Negeri yakni  Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), Universitas Andalas (UNAND), Universitas Jambi (UNJA), Universitas Lampung (UNILA), Universitas Bengkulu (UNIB), Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Universitas Palangkaraya (UPR), Universitas Malikussaleh (UNIMAL), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, dan Universitas Samudra (UNSAM),” ungkapnya.

Pelaksanaan ujian seleksi Mandiri ini dikatakannya akan dilaksanakan pada Kamis (18/7) mendatang dalam bentuk Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC).

Sementara itu, Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Dr. Dachriyanus mengucapkan selamat kepada peserta SBMPTN yang telah menyelesaikan beberapa rangkaian proses pendaftaran ulang atau verifikasi dokumen hari ini dan besok.

Dikatakannya secara keseluruhan nantinya Universitas Andalas akan menerima sebanyak lebih kurang 6.000 mahasiswa baru dari seluruh jalur penerimaan mulai dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Masuk Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

Setelah pendaftaran ulang ini mahasiswa baru akan mengikuti berbagai pelatihan mulai dari pelatihan karakter andalasian, pelatihan dan pemantapan wawasan kebangsaan serta juga ada test toefl. (rel/hdp)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top