Daerah

Longsor Tutup Akses Jalan Sepanjang 15 Meter di Palembayan

Dibaca : 466

Agam, Prokabar — Longsor terjadi di Jorong Tarantang, Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Selasa (2/3). Akibat kejadian itu, akses jalan tertutup material longsor sepanjang 15 meter dengan ketinggian 3 meter.

Berdasarkan informasi dihimpun Prokabar.com, dan keterangan dari Walinagari Tigo Koto Silungkang, Doni Cendra, Kejadian sekitar pukul 13.00 WIB. Longsor dipicu cuaca hujan lebat dan menyebabkan tanah dari pesawahan turun dan menutupi akses jalan.

“Mohon bantuan penyebaran informasi kepada BPBD Pak, telah terjadi longsor di daerah kami di Lakuak Tanah Sirah, Tantaman pada jam tiga sore tadi akibat hujan. Untuk sementara jalan ini akses jalan kami alihkan ke jalan alternatif Kampuang Panjang,” ungkap Walinagari Tigo Koto Silungkang, Doni Cendra kepada Prokabar.com melalui via telpon dan Whatsapp, Selasa sore (2/3).

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Syafrizal melalui Tim Pusdalop, akses jalan tidak bisa dilewati kendaraan. “Untuk sementara waktu, akses jalan dialihkan ke jalan lingkar Kampung Panjang, dengan jarak beputar lebih kurang 2 Km,” terangnya.

Satgas BPBD Kabupaten Agam dibantu TNI, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Nagari, Pemuda Pancasila dan Masyarakat setempat melakukan pendataan dan pembersihan material longsor.

“Untuk pembersihan kami berkoordinasi dengan PUTR Provinsi Sumatera Barat, menggunakan alat berat,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top