Trending | News | Daerah | Covid-19

Peristiwa

Longsor Sempat Tutup Jalan Utama Manggopoh-Maninjau, Kemacetan Capai 2 KM

Dibaca : 158

Agam, Prokabar – Tanah longsor terjadi di jalan Provinsi Manggopoh – Padang Lua, tepatnya di Ngungun, Jorong Lubuk Sao, Nagari Persiapan Dalko, Kecamatan Tanjung Raya, Jum’at, (8/1). Kejadian berlangsung pukul Pukul 15.50 WIB hingga pukul 19.00 WIB baru bisa dilalui setelah petugas bekerja keras melakukan pembersihan.

“Material tanah longsor menutupi ruas jalan Propinsi Manggopoh menuju Padang Lua, sepanjang 20 Meter dengan ketinggian tumpukkan material 2 meter, lebar 8 meter. Akses jalan tertutup total dan material longsor mengenai 1 unit kedai beserta 2 unit motor dan 1 unit Mobil Avanza,” ungkap Kalaksa BPBD Agam, M. Lutfi melalui Kabid KL, Syafrizal saat dijumpai Prokabar.com di lokasi kejadian.

Pemilik kadai dan kendaraan tertimpa longsor atas nama Muhammad Yani (52). “Kejadian diawali hujan yang sudah berlangsung sejak pukul 13.00 WIB. Tidak lama, terjadi getaran tanah longsor dari perbukitan dan membuat kedai ditimpa material lumpur,” terangnya.

Penanganan dari BPBD Agam bersama Damkar dan pihak kepolisian berlangsung dari pukul 16.00 WIB. “Pembersihan material longsong memang harus menggunakan alat berat. Karena kondisi cukup parah, terdapat material pohon dan bebatuan sehingga sulit menggunakan cara manual,” ujarnya.

Material berhasil dibersihkan pada pukul 19.00 WIB dan membuat kemacetan mencapai 2 km dari kedua sisi jalur kiri dan kanan. “Kemacetan panjang sempat terjadi karena tidak ada jalur alternatif. Berkat adanya petugas kepolisian, penertipan pengendara selepas akses jalan bisa dilalui berjalan aman dan lancar,” tutur Syafrizal.

Meski demikian lanjutnya, akses jalan baru bisa dilalui dengan sistem buka tutup, karena baru bisa satu jalur. BPBD Agam akan melanjutkan pengerjaan pembersihan material longsor besok pagi. Hujan lebat masih berlangsung membuat petugas harus menunda pembersihan.

“Apalagi masih berpotensi longsor susulan. Kondisi ini akan beresiko terhadap keamanan dan keselamatan kerja petugas kita nantinya. Kita menghimbau pengguna jalan utama jalur Manggopoh menuju Maninjau ini, untuk ekstra hati-hati. Karena masih rawan untuk dilalui. Tetap waspada melalui jalan perbukittan,” tutup Kabid KL BPBD Agam tersebut. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top