Peristiwa

Longsor Rusak Kantin dan Bangunan Kantor di Pagaruyung

Tanah Datar, Prokabar – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tanah Datar pada Selasa malam hingga Rabu dini hari mengakibatkan terjadinya longsor di Jalan Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung atau tepat di sebelah kantor KPU Tanah Datar, Kecamatan Tanjung Emas.

Material longsor juga menutupi badan jalan sepanjang 10 meter, sehingga membuat arus lalu lintas menuju Kota Batusangkar diberlakukan satu arah.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun satu kantin dan satu unit bangunan kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tanah datar nyaris amblas dan rusak di bagian pondasi dan pagar pembatas kantor.

Sunarsih, pemilik kantin mengaku jika ia tidak mengetahui pasti kapan terjadinya longsor tersebut. Namun ia mengaku baru mengetahui peristiwa ini saat hendak membuka kantin pada pagi harinya, Rabu (24/7).

Akibat bencana longsor tersebut, kantin milik Suharsi jebol di bagian samping, dan peralatan masak-memasak ikut terbawa material tanah. Akibat peristiwa itu, ia mengaku mengalami kerugian ratusan ribu rupiah, dan sementara untuk bangunan kantor diperkiran mencapai angka jutaan rupiah.

“Tadi malam mungkin, soalnya pagi baru tahu kan, pagi baru buka. Dagangan udah dibuat, alat-alatnya juga habis terbawa longsor,” ucap Sunarsih.

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tanah Datar bergerak cepat membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan. Dari pantauan prokabar.com di lokasi kejadian, satu unit alat berat dan dua truk pengangkut tanah dikerahkan untuk membersihkan material longsor.

Salah seorang pegawai Dinas PU tanah Datar mengatakan, selain akibat hujan deras yang mengguyur, peristiwa itu juga diduga terjadi karena tanah berjenis gambut, sehingga mudah longsor.

Selain itu, ketiadaan drainase dari bangunan diatas bukit juga diduga ikut mempengaruhi kondisi tanah. Ia juga menambahkan jika material tanah yang menutupi badan jalan diperkirakan mencapai 10 kubik.(eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top