Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Longsor Lumpur dan Pohon Tumbang Terjadi di Tiga Titik Agam

Dibaca : 255

Agam, Prokabar — Sejumlah bencana terus melanda Kabupaten Agam, Minggu (26/4). Akibatnya, longsor dan pohon tumbang tersebut menutupi badan jalan, sehingga membuat akses sempat terganggu.

Kejadian pertama terjadi di Sungai Toleh, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan. Peristiwa itu terjadi sejak pukul 02.00 WIB dini hari.

“Akibat hujan lebat dan berkepanjangan, mengakibatkan tanah berlumpur dari menutupi jalan di Nagari Baringin tersebut,” ungkap Kalaksa BPBD Agam, Muhammad Lutfi melalui Kabid KL, Syafrizal beserta anggota Pusdalop Agam, Minggu (26/4).

Lumpur tersebut menutupi badan jalan sehingga jalan tidak bisa di lalui kendaraan. Setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Nagari, pembersihan material lumpur langsung dilakukan oleh pihak Nagari dan masyarakat setempat.

” Untuk saat ini kendaraan roda dua sudah dapat melalui akses jalan. Dan saat ini goro masih dilakukan masyarakat,” ujarnya.

Di Jorong Pauah, Nagari Panta Pauah, Kecamatan Matur terjadi pohon tumbang membawa material tanah. Kejadian berkisar pukul 08.30 WIB.

Kejadian setelah pasca hujan lebat, terangnya. Material pohon menutupi jalan dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. “Saat ini tim dan masyarakat sedang dalam proses ke lokasi untuk melakukan pembersihan,” tuturnya.

Pohon tumbang juga terjadi di kelok 44, Jorong Pasa Maninjau Nagari Maninjau Kecamatan Tanjung Raya. “Pohon tumbang menutupi sebagian badan jalan sehingga jalan hanya bisa dilalui dengan sistem buka tutup.

“3 orang anggota kami telah ke lokasi dan membersihkan pohon tumbang tersebut. Dibantu seorang anggota TKSK Kecamatan Tanjung Raya. Pembersihan menggunakan satu unit alat pemotong pohon atau chinsaw. Dan akses jalan utama itu sudah bisa dilalui dua jalur,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top