Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Longsor Di Batu Apik, Jalur Alternatif Malalak-Bukittinggi Terputus

Dibaca : 252

Agam, Prokabar — Jalur alternatif Padang-Bukittinggi di Kecamatan Malalak kembali terputus akibat longsor, Sabtu (18/4). Kondisi tersebut membuat pengendara tidak bisa melalui jalur tersebut.

Kondisi longsor cukup parah sehingga butuh proses lama dalam pembersihan materialnya. Ditambah lagi kondisi cuaca masih hujan.

“Informasi diterima sekitar pukul 15.00 WIB, sementara kejadian berlangsung sekitar pukul 14.50 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun akses jalan tidak bisa dilewati kendaraan,” ungkap Kalaksa BPBD Agam, Muhammad Lutfi melalui Kabid KL, Syafrizal, Minggu (19/4).

Kondisi saat ini material masih menutupi tanah longsor. Ketinggian material mencapai 5 meter dengan panjang sekitar 80 meter dan lebar 8 meter. “Material tidak hanya tanah liat, juga kayu dan bebatuan. Hingga saat ini, masih terjadi potensi longsor susulan,” terangnya.

Hingga Siang pukul 14.00 WIB siang tadi, masih terjadi longsor susulan. Sementara di lokasi, masih sering hujan. Membuat proses pembersihan dari tim yang bekerja, masih memiliki resiko tinggi. Pengerjaan membutuhkan alat berat excavator, gender dan lampu penerangan.

Proses pembersihan masih terus diupayakan. Hingga sekitar pukul 19.00 WIB malam ini, kendaraan roda empat dan roda dua sudah bisa melewatinya. Dengan sistem buka tutup.

“Mengingat kondisi masih sangat rawan, kami harapkan pengguna jalan untuk lebih berhati-hati melalui jalur tersebut. Karena masih ada tumpukan material di pinggir jalan. Kami sarankan mencari akses lain untuk sementara waktu. Mengingat dimungkinkan terjadi longsor susulan, bisa saja terjadi setiap saat,” Pungkas Kabid KL BPBD Agam. (Rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top