Daerah

Longsor Babat Puluhan Sawah Warga di Matur

Tigo Balai, Prokabar – Bencana longsor melanda masyarakat Jorong Taruyan, Nagari Tigo Balai, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sabtu malam (1/6). Kejadian sekitar pukul 22.00 WIB tersebut menimbun beberapa hektar sawah dan sebuah rumah warga. Ketinggian lumpur longsor mencapai 1 meter.

“Benar, telah terjadi longsor dan mengenai dapur rumah, kamar serta sawah warga setempat. Tim kami telah di lokasi dan melakukan evakuasi yang bisa dilakukan,” ungkap Kalak BPBD Agam, M. Lutfi didampingi Kabid KL, Wahyu Bestari kepada Prokabar.com.

Sejauh ini lanjutnya, tidak ada korban jiwa. “Namun terdapat 4 orang warga pemilik sawah mengalami kerugian dan seorang pemilik rumah yang rusak dihondoh longsor,” tuturnya.

Data pemilik rumah diketahui Dermawati (55) dengan jumlah penghuni 3 orang. “material longsor berupa lumpur sempat mengenai dan masuk ke dalam rumah melalui dapur, dengan tinggi mencapai 1 meter,” ungkap Wahyu.

Sementara itu, adapun pemilik sawah tertimpa longsor yakni Umar (40) dengan luas sawah 30×30 meter, Emiwati (60) dengan luas sawah setengah Hektar dan padi berumur 1 bulan. Jendra Wati (40) dengan luas sawah 30 x 30 meter padi berumur 1 bulan, dan Mar (55) luas sawah 20 x 25 meter dengan padi berumur 1 bulan.

“Kami telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan nagari terkait longsor tersebut hingga material longsor dibersihkan bersama warga. Kami menghimbau masyarakat untuk tetap waspada, karena kondisi cuaca hujan lebat masih dimungkinkan melanda daerah kita,” tutupnya. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top