Budaya

Lomba MTQ Tingkatkan Generasi Islami

Padang Pariaman, Prokabar – Meski sudah berhasil meraih Peringkat III MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumbar di Kota Pariaman tahun 2017 lalu, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman bersama Kementerian Agama masih terus mencari sekaligus meningkatkan kemampuan Qori dan Qoriahnya.

Pentingnya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an akan berdampak pula dalam penghayatan, pemahaman dan pengaplikasian generasi penerus terutama mengamalkan nilai-nilai Islam.

“Rata-rata pelaksanaan Lomba MTQ Tingkat Kabupaten/kota hanya dilaksanakan 1 kali dalam dua tahun. Berbeda di Padang Pariaman, bertujuan untuk lebih mengoptimalkan generasi Islami dapat terwujud,” kata Wakil Bupati Suhatri Bur saat membuka MTQ Tingkat Padang Pariaman, di Pesantren Subulusalam, Kecamatan 2x 11 Enam Lingkung, Jumat Malam (6/7).

Saat ini ada 17 khafilah dari 17 kecamatan Se-Padang Pariaman. Sedangkan jumlah Qori-qoriah sebanyak 680 orang dengan 9 jenis perlombaan.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari Senator Leonardi Armaini dan Legislator John Kenedy Azis. “MTQ dapat mendidik dan melatih, khafilah untuk meningkatkan generasi penerus lebih baik menuju jenjang MTQ Tingkat Provinsi Sumbar dan Nasional. Apalagi di Padang Pariaman dilaksanakan 1 kali setahun, berbeda di daerah lain hanya 1 kali dua tahun,” Kata John Kenedy Azis.

Dalam kesempatan tersebut, John Kenedy Azis menyumbangkan pelaksanaan MTQ tersebut senilai 10 juta rupiah pada Panitia. Sedangkan untuk Khafilah yang Juara Umum mendapat Rp7,5 Juta, Peringkat dua Rp5 juta dan Peringkat tiga senilai 3,5 juta.

Sementara itu, Kakan Kemenag Sumbar, Hendri juga mengapresiasi pelaksanaan MTQ digelar 1 kali setahun tersebut. Di kota dan kabupaten lainnya di Sumatera Barat rata-rata hanya 1 kali dua tahun

“Dampak positif jelas karena Pendidikan Agama Islam adalah penangkal generasi terjebak dari bahaya narkoba, LGBT dan pergaulan bebas yang akan merusak nantinya. Memahami, mengamalkan, mengaplikasikan dan mendakwahkan Al-Qur’an menjadi benteng pada generasi Muslimin,” Tutup Hendri. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top