Daerah

Lingkungan Semakin Tercemar, Mari Ubah Gaya Hidup Menjadi Eco Friendly

Pasaman, Prokabar — Saat ini, masyarakat tampaknya harus memiliki gaya hidup eco friendly atau ramah lingkungan. Sebab, di usia bumi yang semakin menua, keadaan makhluk hidup juga semakin rentan untuk terancam kelansungannya.

“Semua ulah kita juga, manusia. Paling mendasar itu, adalah gaya hidup. Salah satu yang menghambat kelangsungan makhluk hidup ialah sampah plastik, mari kita ubah gaya hidup melalui langkah ringan namun pasti,” ajak Ketua TP PKK Pasaman, Mira Delima Atos Pratama, usai pertemuan bulanan TP PKK, Minggu (24/3).

Langkah ringan yang dimaksud Mira ialah, mengurangi memakai plastik untuk kehidupan sehari-hari. Seperti, ke pasar bawa belanjaan pakai keranjang atau kantong permanen, mengurangi kosumsi minuman atau makanan yang berbungkus plastik, seperti air kemasan hingga tidak membuang sampah plastik sembarangan.

“Membuang sampah plastik, tidak bisa sembarangan. Plastik yang terkubur di dalam tanah, sangat tidak bisa mengurai. Untuk itu, buanglah sampah plastik pada tong sampah, biar bisa disisihkan saat berakhir di TPA,” lanjut Mira.

Disinggung adanya peraturan plastik berbayar, Mira mengaku sangat mendukung, demi mengurangi dampak pencemaran sampah plastik.

“Selain itu, dalam hal ini juga perlu edukasi dan konservasi dimana memelihara dan melindungi yang telah ada dan mengembalikan yang sudah tidak ada, terutama penghijauan lingkungan di sekitar kita. Ini kita harapkan, TP PKK kecamatan bisa mewujudkan di tengah masyarakat,” tutup Mira. (Ola)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top