Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Libur Panjang, Pagaruyung Masih Menjadi Primadona Wisatawan


Sebagian Kecil Pengunjung Ditemukan Abai Protokol Kesehatan

Dibaca : 513

Tanah Datar, Prokabar — Istano Basa Pagaruyung masih menjadi salah satu destinasi wisata pilihan wisatawan yang hendak menghabiskan waktu libur panjang mereka. Jika beberapa waktu lalu, angka kunjungan sempat menurun, namun saat ini peningkatan kunjungan terjadi cukup siginifikan.

Bahkan, menurut salah seorang pegawai Istano, peningkatan kunjungan lebih dari 50% jika dibandingkan dengan hari biasa.

“Kalau tingkat kunjungan saat libur panjang ini meningkat lebih dari 50 persen. Dua hari sejak libur panjang, itu ada berkisar 700-800 orang. Sebelumnya hanya 300 atau 400 orang,” ungkap Reni saat ditemui di Istano Basa Pagaruyung, kamis (29/10).

Setiap wisatawan yang hendak memasuki lingkungan Istano, wajib dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh petugas jaga pintu masuk. Tidak hanya itu, pengunjung juga wajib menggunakan masker dan menjaga jarak saat berada didalam Lingkungan Istano Basa Pagaruyung.

Meski telah menjadi aturan dikala pandemi covid 19, namun masih saja ditemukan sebagian kecil pengunjung yang membandel dengan melepas masker mereka saat berada di lingkungan istano pagaruyung, baik itu diluar ruangan maupun saat berada didalam ruangan. Padahal, aturan penerapan terpajang dengan cukup jelas, baik dipintu masuk maupun saat hendak masuk kedalam rumah gadang.

Sementara itu, salah seorang wisatawan asal sumatera utara mengatakan jika ia berwisata ke istano pagaruyung sembari menghabiskan libur panjang dan dan menghadiri kegiatan keluarga di salah satu nagari di Tanah Datar. Baginya, sangat disayangkan jika kedatangannya ke Tanah Datar tidak singgah ke replika kerajaan Pagaruyung.

Berwisata ditengah pandemi covid 19, ia mengapresiasi protokol kesehatan yang diterapkan kesetiap wisatawan yang hendak masuk ke lingkungan Istano Basa Pagaruyung. Menurutnya, patuh terhadap protokol kesehatan, setidaknya dapat menjaga penularan covid 19 kepada wisatawan.

“Kami dari Sibolga Sumatera Utara, datang kesini ada 16 orang. Protokol kesehatan saat berwisata itu penting dan dianjurkan oleh pemerintah juga. Bagaimanapun, kita patuh terhadap kebijakan protokol kesehatan ini,” ungkap Marsudin Tanjung. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top