Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Lepas Penat Akhir Pekan di Air Terjun Sarasah Sei Limau, Ganggo Mudiak

Dibaca : 168

Pasaman, Prokabar — Alam Pasaman Saiyo masih banyak menyimpan kemolekan alam yang belum terekspos atau termanfaatkan keberadaannya untuk dimanfaatkan oleh masyarakat ke arah yang lebih baik.

Bertolak dari hal inilah, sekumpulan pemerhati pariwisata yang ada di daerah itu mengadakan kegiatan penyisiran kemolekan alam yang ada di tanah kelahiran Tuanku Imam Bonjol ini.

Salah satunya yang berada di Ganggo Mudiak, Kecamatan Bonjol, Pasaman. Di lokasi ini, kemolekan alam yang masih asri tersimpan di air terjun sarasah yang memiliki tinggi sekitar 20 meter lebih dengan tiga tingkatan air terjun.

Bersama Komunitas Pecinta Wisata Pasaman (KPWP) rombongan memulai perjalanan dengan sepeda motor dari Kota Lubuk Sikaping, menuju lokasi air terjun Sarasah Sei Limau, Ganggo Mudiak yang berada di Kecamatan Bonjol.

Tidak cukup lama untuk menuju lokasi ini. Dari kota Lubuk Sikaping, rombongan menempuh perjalanan sekitar 30 menit ke lokasi tempat diparkirkannya sepeda motor yang ada di pinggil areal pemukiman warga.

Dari sinilah, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki menyusuri hulu sungai Sei Limau. Sepanjang perjalanan, di bagian kanan, areal sawah masyarakat seolah mengikuti langkah rombongan menyusuri arus ke hulu sungai. Beberapa petani padi yang dijumpai sepanjang perjalanan, tak luput memberi nasehat kepada rombongan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan, masyarakat setempat memperbolehkan rombongan untuk menyisir dan menikmati keindahan sarasah, sepanjang itu untuk kebaikan.

Medan yang dilalui sepanjang perjalanan tidak begitu berat, malah tergolong mudah. Tidak banyak jalan yang mendaki atau turunan terjal. Hanya lereng-lereng bukit-bukit kecil dan ladang pohon coklat serta getah yang tampak sepanjang perjalanan.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 20 menit, rombongan akhirnya sampai di lokasi air terjun sarasah. Begitu indah.
Airnya sangatlah jernih, lereng-lereng bukit yang mengapit air terjun masih sangatlah asri. Belum terjamah.

Tak tahan akan keindahan dan kesejukannya, kami memutuskan untuk berendam sejenak. Menyatukan diri dengan alam, dan menikmati keindahan alam nan sunyi.

Lokasi air terjun ini sangat cocok untuk rekreasi, atau untuk melepas penat dan beban pikiran di akhir pekan. Untuk berendam dan berenang, lokasi ini juga sangat memadai.

Memiliki kedalaman air sekitar dua meter dan areal loncatan yang tidak begitu tinggi, membuat Sarasah Ganggo Mudiak menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi. Terutama untuk masyarakat yang hobi berpetualang.

Bahkan di bagian tingkatan ke dua, seolah ditampung sebuah wadah, lokasi ini sangat perfect untuk kita-kita yang hobi berendam. Sebab, airnya tidak begitu dalam, dan dari atas tingkat kedua inipun, kita bisa memandang dan menyisir bebas pemandangan di sekitar lokasi air terjun. (ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top