Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Lepas Jenazah Irdinansyah. Nasrul Abit : Jabatan Bupati Otomatis Dijabat Wabup

Dibaca : 443

Tanah Datar, Prokabar -Jenazah Bupati Tanah Datar dilepas Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit di Kantor Bupati Tanah Datar, minggu (20/9). Prosesi melepas jenazah ke pemakaman tersebut turut dihadiri ratusan pelayat dari berbagai kalangan, dan pejabat kabupaten kota di Sumatera Barat.

Sebelum pelaksanaan upacara mlepas, jenazah almarhum terlebih dahulu disalatkan di mesjid Al Amin Pagaruyung.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abid dalam sambutannya mengatakan jika Irdinansyah merupakan orang yang baik dan tauladan bagi masyarakat Tanah Datar, dan bahkan Sumatera Barat Umumnya. Wagub berkisah, perkenalannya dengan Irdinansyah saat almarhum menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat.

“Saya sudah lama kenal dengan Irsldinansyah Tarmizi, beliau orang yang baik dan politisi handal dan sangat santun. Mari kita bersama-sama mendoakan beliau dan memaafkan beliau agar almrhum ditempatkan di tempat yang layak,” ucap Wagub.

Selain mengungkapkan kekagumannya kepada almarhum Irdinansyah, dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan terkait kelanjutan pemerintahan di Tanah Datar kedepannya.

Wagub mengatakan, sesuai dengan aturan yang berlaku maka secara otomatis Wakil Bupati akan naik menjadi Bupati menggantikan almarhum Irdinansyah Tarmizi.

“Secara otomatis, Wakil Bupati akan menjadi Bupati Tanah Datar hingga beliau memulai cuti kampanyenya 26 September 2020 esok, dan akan dilanjutkan kembali setelah cuti kampanyenya habis tanggal 5 Desember 2020. Dan berlanjuy hingga masa jabatan habis 17 Februari 2021,” ujar Wagub.

Wagub melanjutkan, jika selama Wakil Bupati cuti kampanye, maka tampuk pemerintahan sementara akan dipegang oleh PLT. Saat ini, nama pejabat sementara itu tengah diusulkan pemerintah Provinsi ke Kemendagri.

“Selama Wabup cuti kampanye, maka Bupati Tanah Datar dijabat oleh PLT. Namanya tengah diusulkan ke Kemendagri,” kata Nasrul Abit.

Almarhum Irdinansyah Tarmizi akan dimakamkan di pekuburan kaum Dt Indo Mangkuto. Sebelum dikebumikan di tanah kelahirannya, Irdinansyah juga dilepas secara adat oleh datuak pucuak kaum Kutia Anyia.(eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top