Trending | News | Daerah | Covid-19

Wisata

Lembah Marapi Singgalang di Pandai Sikek Kini Tersedia Agro Edu Wisata

Dibaca : 526

Tanah Datar, Prokabar – Kementrian Pertanian Republik Indonesia melalui Badan Ketahanan Pangan melakukan soft launching Angro Edu Wisata Lembah Merapi Singgalang atau Lemarsi, Selasa (22/12).

Bertempat di Jorong Baruah Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto Tanah Datar, agro edu wisata ini menawarkan konsep pengalaman kepada pengunjung tentang kehidupan pertanian.

Di agro edu wisata ini, pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh petani. Dalam arti kata, wisatawan akan dilibatkan lansung dalam penggunaaan lahan dan komoditas pertanian atau fasilitas terkait yang menjadi daya tarik wisatawan itu sendiri.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementrian Republik Indonesia Agung Hendri Adi mengatakan, setiap kabupaten di Indonesia memiliki kesempatan untuk membangun agro edu wisata dalam rangka meningkatkan kesehateraan petani.

Pengembangan agro edu wisata menjadi penting, diantaranya bisa sebagai alternatif upaya diversifikasi atau pemulihan perekonomian dampak covid 19. Selain itu, keberadaan destinasi wisata ini juga bisa sebagai wadah untuk menumbuhkan kecintaan terhadap sektor pertanian sehingga dapat dikembangkan oleh siapapun nantinya.

Dipilihnya Jorong Baruah Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto Tanah Datar ini sebagai lokasi agro edu wisata telah melalui seleksi yang selektif.

“Salah satu syarat yang harus dilalui untuk mendapatkan program Kementrian Pertanian ini yaitunya lokasi agro edu wisata harus memiliki destinasi wisata lain. Pasalnya, agro edu wisata tidak akan bisa berdiri sendiri dan mesti ditunjang oleh destinasi wisata lain,” ujar Kepala Badan.

Sesuai dengan namanya wisata edukasi lanjut Agug Henri Adi, keberadaan agro edu wisata lembah marapi singgalang diharapkan bisa dilirik oleh wisatawan sehingga dapat membangkitkan perekonomian petani.

“Peran opd terkait seperti Dinas Pariwisata dan Pertanian serta pihak yang berkopeten sangat diharapkan kerjasamanya dalam pengembangan agro edu wisata ini,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar, Irwandi dalam sambutanya menyampaikan, jika selama ini pemerintah kabupaten Tanah Datar telah menjadikan bidang pariwisata sebagai sektor unggulan dalam RPJMD bersama sama dengan bidang pertanian.

“Keberadaan agro edu wisata di Tanah Datar, diharapkan dapat mendatangkan multiplier effect dan lebih cepat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya petani di kecamatan x koto ini,” ujarnya.

Berdasarkan potensi alam, nagari pandai sikek memang memiliki keunggulan dalam sektor pertanian. Agro edu wisata yang memegang prinsip tanpa merubah fungsi lahan, namun memamfaatkan lahan yang ada, selanjutnya dapat dimamfaatkankan pelaku wisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan telah adanya sof launching agro edu wisata ini, pemerintah kabupaten tanah datar juga berkomitmen akan mempromosikan destinasi wisata baru di pandai sikek ini.

Selama ini, Tanah Datar telah menjadi salah satu daerah tujuan wisata di provinsi Sumatera Barat. Tanah Datar memiliki beraneka ragam potensi wisata, baik wisata alam, sejarah, bahari, budaya, agro, kuliner maupun kerajian kerajinan tangan. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top