Lebaran

Lebaran, Pacu Jawi hingga Lintau Expo Ada di Tanah Datar

Tanah Datar, Prokabar – Sejumlah festival menyemarakkan hari raya Idul Fitri 1440 H di Tanah Datar. Setidaknya di daerah itu ada empat festival untuk meriahkan lebaran Idul Fitri diantaranya Alek Pacu Jawi, Pasar Van der Capellen dan Lintau Expo.

Festival Alek Pacu Jawi diadakan pada 8 Juni. Saat ini alek pacu jawi di Tanah Datar sudah digelar di empat kecamatan. Yakni di Kecamatan Pariangan, Rambatan, Lima Kaum dan Kecamatan Sungai Tarab.

Kemudian Festival Lintau Expo yang akan diadakan pada 9-11 Juni. Festival tersebut merupakan eksplorasi potensi kuliner, kesenian, pariwisata, silat dan produk-produk anak nagari yang selama ini terpendam.

Dengan adanya festival tersebut masyarakat akan lebih mengetahui potensi yang dimiliki selama ini tidak terkecuali untuk masyarakat Lintau sendiri.

Terakhir festival andalan Tanah Datar untuk sambut dan semarakkan lebaran adalah pasar kreatif pasar Van der Capellen.

Pasar yang dikelola oleh Genpi Tanah Datar tersebut bertempat di kawasan Benteng Van der Capellen peninggalan zaman Belanda yang biasanya dibuka setiap hari Minggu.

Yaitu pasar yang seperti mengingatkan kembali masyarakat yang berkunjung kelokasi itu seperti zaman dahulu, karena lokasi itu di disain seperti konsep Minang “saisuak”.

Tidak saja disainya yang tempo dulu, makanan tradisional Minangkabau yang sudah jarang ditemukan saat ini juga tersedia di pasar digital kreatif tersebut.(eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top