Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Launching Daftar Pemilih Sementara, KPU Padang Tunggu Tanggapan Masyarakat

Dibaca : 96

Padang, Prokabar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menggelar Launching Pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Serentak Lanjutan 2020, Sabtu (19/9).

“DPS ini punya histori ke belakang. Seluruh tahapan yang tertunda, kita laksanakan, termasuk pemutakhiran data pemilih,” ungkap Atika Triana, Komisioner KPU Kota Padang yang menangani Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM.

Pada kesempatan itu, Atika Triana didampingi Arianto (Divisi Perencanaan, Data dan Informasi), Amid Muttaqim (Divisi Teknis Penyelenggaraan) dan Azwirman (Divisi Hukum dan Pengawasan).

Dikatakannya, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dari KPU Kota Padang sejak tanggal 18 Juli telah mendatangi setiap rumah masyarakat untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) Pilgub 2020.

Tahapan selanjutnya adalah pemutakhiran oleh PPS sampai tanggal 30 Juli 2020. Baru kemudian dilanjutkan ke tahapan penetapan DPHP.

“Rapat pleno penetapan DPHP menjadi DPS tingkat Kota Padang, kita lakukan pada 11 September 2020. Seluruh tahapan dilalui dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Atika.

Baru kemudian, KPU Kota Padang menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pilkada serentak 9 Desember 2020.

“Sebanyak 301.360 pemilih laki-laki, 313.947 pemilih perempuan dengan jumlah total 615.307 pemilih,” katanya.

Atika menegaskan, KPU Kota Padang menerima tanggapan dan masukan masyarakat melalui form yang disediakan di masing-masing kelurahan.

Sementara itu, Arinto dari Divisi Perencanaan, Data dan Informasi mengatakan, terjadi penambahan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 ini.

“Total jumlah TPS menjadi 1939 di 104 kelurahan 11 kecematan se Kota Padang. Terjadi penambahan dari 1936 menjadi 1939. Pernambahan terjadi Padang Timur, Koto Tangah dan Kuranji,” ungkapnya.(mbb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top