Daerah

Lampu Hias di Painan Dinilai Berbahaya, Ini Penyebabnya

Painan, Prokabar – Lampu hias yang terpasang di pepohonan trotoar dan taman kota di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat belakangan ini menjadi sorotan. Selain sudah banyak yang mati, kabel lampu tersebut dinilai membahayakan warga.

“Ada yang tidak layak secara kasat mata, sambungan listriknya (kabel sambungan),” ungkap Bripka Riki Mustika, salah seorang personel lalu lintas Polres Pessel, Rabu (8/5).

Riki Mustika mengatakan, kelaikan sambungan kabel terpantau sejak awal pemasangan lampu hias tersebut.

Menurutnya, tidak ada pengamanan yang benar-benar menjamin, karena isolasi tape penutup sambungan kabel tersebut tampak asal-asalan dan ditakutkan bisa menyetrum orang yang tidak sengaja menyentuh kabelnya.

“Sambungannya hanya dibungkus isolasi saja dan tentu paling lama bertahan satu bulan. Jika isolasinya lepas, tentu sangat membahayakan,” terangnya.

Riki Mustika sangat khawatir dengan kondisi tersebut, karena sewaktu-waktu bisa mengancam keselamatan warga dan pengendara yang beraktivitas di sekitar lampu tersebut.

“Kepada pihak yang memasang, tentu kami minta lebih teliti lagi. Bagi warga, terutama pengendara yang singgah harus memperhatikan hal ini karena jika tidak bisa saja membahayakan sewaktu-waktu,” jelasnya.

Nofliandi, salah seorang warga berharap Pemkab Pessel tidak hanya sekedar memperindah di luarnya saja, tetapi perlu mengkaji dampaknya terhadap lingkungan sekitar dan keselamatan warga yang menikmatinya.

“Kami ingin pak Bupati dan dinas mengecek kembali temuan. Jika harus diperbaiki, maka harus dilakukan perbaikan,” harapnya.(*/mbb)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top