Daerah

Kualitas Udara Di Tanah Datar Dinyatakan Tidak Sehat

Tanah Datar, Prokabar — Kualitas udara di wilayah Luhak Nan Tuo setelah terdampak kabut asap dinyatakan tidak sehat. Hal ini didapatkan setelah dilakukannya Indeks standard pencemaran udara (ISPU) oleh Dinas Pemukiman dan Lingkungan Hidup Tanah Datar.

Kondisi ketebalan asap yang dipantau selama 24 jam, mulai dari pukul 9.45 kamis (12/9) hingga pukul 9.45 wib jumaat (13/9), maka didapatkan angka indeks standard pencemaran udara (ISPU) “101,5 “. berdasarkan Kepmen LH Nomor KEP-45/MENLH/10/1997 tentang indeks standar pencemaran udara 101-199, maka udara diwilayah Tanah Datar termasuk pada kategori tidak sehat.

Mengacu pada hasil tersebut, maka masyarakat disarankan agar mengurangi aktifitas diluar ruangan atau dapat dilakukan dengan menggunakan masker. Selain itu, masyarakat diminta untuk tidak melakukan aktifitas pembakaran yg dapat menambah jumlah kandungan asap.

Namun sayang, untuk mendapatkan indeks pencemaran udara di wilayah Tanah Datar yang lebih rinci, Dinas Lingkungan Hidup mengaku jika angka tersebut hanya bisa diumumkan secara resmi oleh kepala daerah, Bupati, Wakil Bupati atau Sekda. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top