Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

KSB Banuhampu Siap Dikukuhkan, Komitmen Bangun Negeri

Dibaca : 382

Agam, Prokabar — Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Banuhampu bertekat bangun nagari secara bersama untuk selalu siap siaga dalam berbagai kegiatan. Hal tersebut terangkum dalam musyawarah singkat pengurus KSB kecamatan bersama BPBD Agam, di ruang KSB Kecamatan Banuhampu di Cingkariang, Selasa (26/5).

Koordinator KSB Banuhampu Jufri membuka rapat bersama dengan tema pengembangan kegiatan KSB di Kecamatan Banuhampu. Mengungkapkan bangga dengan relawan siaga bencana yang telah turut andil membantu kegiatan sosial di nagari. Termasuk aktif upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kegiatan KSB Kecamatan Banuhampu melalui KSB nagari telah turut andil melakukan penyemprotan disinfektan dibeberapa tempat fasilitas umum. Membantu pembagian sembako, mendirikan tenda posko siaga Covid-19 nagari, membagikan masker serta kegiatan sosial gotongroyong lainnya. “Aksi itu dirasakan langsung masyarakat sekitar nagari,” ungkap Jufri.

Nasrul Abit Indra Catri

Sementara itu kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi menyampaikan trik dan kiat pengembangan kegiatan KSB kedepan. Selain giat kebencanaan, kelompok siaga bencana diarahkan dalam giat usaha.

Sehingga dapat mendanai kesejahteraan anggota, berupa melengkapi atribut relawan, membeli peralatan lapangan sinsaw, cangkul, pakaian alat pelindung diri dan lainnya. Perlengkapan itu jelas untuk penanggulangan bencana di jorong, nagari maupun se kecamatan Banuhampu.

Yunaidi juga memberikan apresiasi terhadap kegiatan KSB nagari di Kecamatan Banuhampu. Karena telah berpartisipaai aktif dalam setiap giat sosial, termasuk mensosialisasikan PSBB di nagari masing-masing, lanjut Kabid PK BPBD Agam tersebut.

Diskusi kegiatan dan keanggotaan siaga bencana kecamatan Banuhampu, dalam waktu dekat agar bisa dikukuhkan oleh Camat. “Namun seluruh anggota KSB meminta kepengurusan KSB kecamatan dikukuhkan Pejabat Pemerintahan Kabupaten Agam. Seperti Bupati Agam, Sekda Agam atau minimal dihadiri Kalaksa BPBD,” harap Dimas, Anggota KSB Taluak IV Suku.

“Untuk itu kita akan susun pengurus KSB kecamatan sekaligus diawali dengan serangkaian giat kemanusiaan, membuat jadwal pengukuhan serta mencari donatur yang mensuppor kegiaţan yang mulia ini,” tutup Koordinator KSB Kecamatan Banuhampu, Jufri. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top