Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

KPU Tanah Datar Klaim Penyelenggara Pilkada di Tingkat PPK Bekerja Baik

Dibaca : 167

Tanah Datar, Prokabar – Penyelenggaraan tahapan Pilkada 2020 hingga hari pemungutan suara pada 9 Desember di Tanah Datar diklaim sukses. Baik penyelenggara maupun partisipasi pemilih, terbilang memuaskan dan mencapai target.

Hal ini disampaikan Fitri Yanti, Komisioner KPU Tanah Datar saat dimintai tanggapan terhadap evaluasi penyelenggara pilkada ditingkat PPK.

Berlansung ditengah pandemi Covid 19, KPU Tanah Datar menyebut jika partisipasi masyarakat tergolong cukup tinggi, dimana tercatat sebesar 60,6% dari target 77,5%. Jika dibandingkan dengan pemilihan kepala daerah tahun 2015 lalu, terjadi kenaikan dari partisipasi pemilih.

“Kalau target partisipasi, itu meningkat jika dibandingkan pilkada 2015 lalu. Tapi kalau target, itu tidak tercapai. Kita juga tidak tahu alasan masyarakat ya, tetapi petugas kita telah menyampaikan undangan memilih atau C pemberitahuan,” ucap Fitri Yanti.

Evaluasi penyelenggara yang dilakukan ditingkat PPK dinyatakan telah bekerja cukup baik dengan mematuhi aturan yang berlaku.

“Evaluasi secara keseluruhan kinerjanya baik. Proses telah dijalankan sesuai dengan aturan,” ujarnya.

Fitri Yanti juga meyakinkan, jika seluruh pekerjaan penyelenggaran pilkada bisa untuk dipertanggungjawabkan dan diyakinkan. Terlebih, hasil pilkada di Tanah Datar tidak berlabuh dengan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

“Kerja mereka dapat kita pertanggungjawabkan. Hasil pilkada Tanah Datar kan tidak ada didugat ke MK,” tambahnya.

Selain mengevaluasi kinerja ditingkat PPK, evaluasi juga akan dilakukan ditingkat PPS pada senin dan selasa mendatang. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top