Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

KPU Pesisir Selatan Minta kepada Parpol dan Calon Kada Pahami Syarat Pencalonan

Dibaca : 86

Painan, Prokabar — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), meminta seluruh partai politik (Parpol) pengusung dan bakal calon kandidat Pilkada 2020 di daerah itu memahami seluruh syarat pencalonan dan syarat calon sebelum mendaftar.

Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar mengatakan, adanya arahan untuk memahami itu sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2020, dan seluruh dokumen syarat pencalonan dan syarat calon dan harus terpenuhi seluruhnya sesuai peraturan tersebut.

“Kalau tidak dokumen pendaftarannya dikembalikan, atau sudah habis waktu pendaftaran. Tentu pendaftarannya ditolak, “kata Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar.

Ia menjelaskan, dalam ketentuan syarat pencalonan dan syarat calon pada Pilkada 2020 sangat syarat dokumen yang mesti disiapkan Parpol maupun calon. Baik secara kepartaian sendiri maupun pribadi calon yang telah ditetapkan.

“Kami sampaikan untuk syarat pencalonan ada tiga, di antaranya model B, model B1 dan salinan SK kepengurusan tingkat kabupaten itu harus lengkap dan sah saat pencalonan,” jelasnya.

Selanjutnya, untuk syarat calon sendiri itu terkait dokumen syarat pribadi calon. Mulai dari keabsahan KTP, Ijazah dan dokumen lainnya dan diminta semuanya harus diperhatikan.

Sebab katanya, semua syarat yang telah ditentukan itu berlaku sama dan memiliki poin yang sama pula. Jadi minta, baik Parpol dan pribadi Paslon tidak mengabaikan untuk setiap syarat tersebut.

“Karena nilainya sama. Maka dari sekarang kita diskusikan, kami sampaikan bahwa perlakuan terhadap dokumen itu sama dan kami harap baik Parpol dan calon bisa memenuhi,” tutupnya. (min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top