Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

KPU Agam Mulai Sosialisasikan Verifikasi Dukungan Balon Perorangan

Dibaca : 233

Agam, Prokabar —Setelah sempat tertunda dampak wabah Covid-19, Tahapan Pilkada 2020 akhirnya kembali dilanjutkan. Hal itu sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum atau PKPU RI Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

“Sebelumnya, kita sudah melakukan proses tahapan, dimulai dari persiapan, perencanaan hingga pembentukan PPK dan PPS. Namun tahapan berikutnya sempat tertunda beberapa bulan, karena adanya bencana kesehatan secara global. Dan menunda segala kegiatan,” ungkap Ketua KPU kabupaten Agam, Riko Antoni, Kamis (25/6).

Selanjutnya, KPU Kabupaten Agam juga melanjutkan kegiatan Bimbingan Teknis terhadap PPS dan Tenaga relawan untuk melakukan verifikasi data dukungan Bakal Calon Perorangan Pilkada atau Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Perorangan dan Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumbar secara perorangan. Masing-masingnya satu di Tingkat Kabupaten dan Tingkat Provinsi Sumatra Barat.

Sebelum memulai pelaksanaan verifikasi data paslon perorangan, KPU Agam juga melaksanakan sosialisasi terlebih dahulu. Dan kegiatan telah berlangsung Kamis, (25/6), di Hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung. Kegiatam melibatkan seluruh pihak yang berkepentingan serta awak media.

Untuk mensukseskan tersebut, KPU Agam telah melakukan perekrutan petugas bulan Juni lalu. Karena terjadi beberapa kali penundaan, tahapan akhirnya sudah dapat dilanjutkan kembali. “Petugas yang akan melakukan verifikasi dilapangan berjumlah 300 orang lebih di lapangan. Terdiri dari petugas PPS dan petugas lepas lainnya,” terang Riko.

Petugas mulai melakukan verifikasi data perorangan tersebut dimulai dari tanggal 27 Juni hingga 10 Juli. Dengan jangka waktu 14 hari.

Sementara itu, Ismul Hamdi Komisioner KPU Agam, Divisi Perencanaan dan Data menambahkan sejalan itu KPU Kabupaten Agam juga sedang dalam rekrutmen Petugas Pemutakiran Data Pemilih atau PPDP, dimulai sejak 24 Juni hingga 14 Juni 2020 mendatang. Target pelaksanaan tugas setelah melakukan rekrutmen, 15 Juli hingga 13 Agustus 2020 sudah melakukan tugasnya untuk Pemutakiran Data Pemilih nantinya.

“Tidak hanya itu, ada pula nantinya Data DP4. Yaitu Data Penduduk Pemilih Potensial Pemilu yang akan diterima dari KPU Pusat. Jadi KPU Agam melakukan pemutakirkan kembali sehingga faktual dan valid,” tutur Ismul Hamdi.

Seiring dengan adanya Data Pemilih Pemula Tambahan, juga telah dibantu pula oleh Kemendagri yang kemudian akan digabungkan atau disingkronkan dengan DP4 yang telah ada. “Data itu sesampai di masing-masing kabupaten dan kota, akan kembali melakukan verifikasi kembali nantinya,” pungkas Divisi Perencanaan dan Data KPU Agam tersebut. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top