Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Kontak Dengan Nakes Positif Covid-19, Seratusan Orang Jalani Uji Swab

Dibaca : 718

Tanah Datar, Prokabar – Seratus orang lebih yang diduga pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi covid 19 di Tanah Datar ikuti uji swab pada selasa (11/8). Banyaknya warga yang pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid 19 itu, uji swab-pun dilakukan di beberapa layanan kesehatan seperti Puskesmas Pagaruyung, Puskesmas Gurun, dan Puskesmas Lima Kaum 2, serta RSUD Hanafiah Batusangkar.

Dinas Kesehatan setempat mengatakan, seluruh warga yang melakukan uji swab merupakan orang yang diduga pernah kontak erat dengan tenaga kesehatan Puskesmas Lima Kaum 1 yang akhir akhir ini diketahui positif Covid 19.

Sebelumnya, uji swab juga telah dilakukan terhadap orang yang pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi, dan hasilnya telah dikirim ke laboratorium Universitas Andalas Padang.

”Kasus terkonfirmas sebanyak 11 orang, kita sudah melakukan tracing sejak minggu malam dan kita juga telah mengambil sample swab pada hari pertama kepada 130 orang lebih, untuk hari ini ada sekitar 150 orang yang kita ambil samplenya,” ungkap Yesrita, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar saat ditemui di kantonya pada Selasa (11/8).

Pihaknya juga tak menampik, jumlah orang yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid 19 akan terus bertambah. Hal ini mengacu pada layanan puskesmas yang tetap melayani masyarakat sebelum ditemukannya kasus baru tersebut. Meski demikian, pihaknya akan terus melakukan tracing terhadap orang orang yang pernah kontak erat dengan pasien guna memutus penyebaran Covid 19.

”Kita sampai saat ini terus melakukan tracing terhadap orang orang yang kontak erat dengan pasien. Bagi kami, kami akan berusaha mencari yang tertinggal untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 ini,” tambahnya.

Sebelumnya, 11 orang terkonfirmasi positif Covid 19 di Tanah Datar, 9 orang merupakan PNSdan THL di lingkungan Dinas kesehatan kabupaten Tanah Datar, 1 anak remaja, dan satu orang pensiunan TNI AD. Dengan adanya penambahan 11 kasus tersebut. Maka total keseluruhan orang yang terkonfirmasi Covid 19 di Tanah Datar sebanyak 23 orang. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top