Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

Komisi X DPR-RI Minta Seluruh Klub Liga 1 dan 2 Lakukan Tes Corona

Dibaca : 94

Jakarta, Prokabar – Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta semua para pemain, pelatih dan ofisial klub Liga 1 dan 2 Indonesia mengikuti tes corona. Syaiful menuturkan, hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi, terutama pemain, dalam keadaan baik.

“Karena seperti pemain di Eropa, ada yang kena tetapi tanpa gejala. Mereka, kan, atlet yang kondisi badannya bagus. Jadi ini langkah yang antisipatif,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Syaiful mengatakan, jika diketahui lebih dini, para penderita COVID-19 tanpa gejala tidak sempat menyebarkan virusnya secara luas.

Ia pun menyarankan klub-klub memanfaatkan sarana uji COVID-19 yang tersedia di masing-masing daerah seperti, salah satunya, tes cepat (rapid test).

“Saya rasa ini dapat dibicarakan PSSI tripartit dengan klub dan perwakilan pemain. Selain mendiskusikan soal gaji pemain di tengah pandemi COVID-19, idealnya dibahas pula tentang kesehatan di masa virus corona ini,” ucapnya.

Seperti diketahui, sejumlah klub Liga 1 Indonesia 2020 seperti Persija, Persib, Bhayangkara dan Barito Putera telah mengadakan uji kesehatan untuk mengecek keberadaan COVID-19 di tubuh pemain dan pelatih.

Hasilnya, penyerang Persib Bandung Wander Luiz. Bukan cuma klub, pengetesan COVID-19 juga dilakukan kepada pelatih timnas Indonesia.

Asisten pelatih timnas Indonesia Gong Oh-Kyun sempat dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil dua kali tes cepat. Namun, setelah dilakukan swab test, ia dipastikan tidak menderita COVID-19.(*/mht)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top