Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Komisi II DPRD Tanah Datar Sambangi Pemko Padang Panjang. Ini yang Dibahas

Dibaca : 440

Tanah Datar, Prokabar – Komisi ll DPRD Kabupaten Tanah Datar jajaki kerja sama di beberapa bidang dengan Pemko Padang panjang. Dedi Irawan, Ketua Komisi ll selaku pimpinan rombongan mengatakan, secara geografis dan anatomi wilayah Kota Padang Panjang dan Tanah Datar yang berbatasan langsung, maka dimungkinkan dapat bekerjasama. Kerjasama dimaksud, tentunya yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Hal senada juga diungkapkan Agus Tofik, dari Fraksi PPP. Ia mengatakan tidak tertutup kemungkinan kerjasama bidang pertanian dan peternakan yang mana sektor ini menjadi perhatian khusus Pemko Padang Panjang saat ini. Namun, karena ketersediaan lahan di Padang Panjang, maka bisa saja hal itu dikerjasamakan dengan Tanah Datar yang memiliki potensi lahan.

Surva Hutri dari Fraksi Gerindra pun mengatakan, jika banyak hal yang bisa dibangun kerjasama antar dua daerah sehingga mampu memacu pertumbuhan ekonomi keduanya. Sektor pariwisata yang menjanjikan di Padang panjang dapat dikalaborasikan bersama Tanah Datar.

“Padang Panjang terkenal dengan Minang Village dan kuliner, sementara di sisi daerah ini ada Danau Singkarak, Lembah Anai dan daerah X Koto sebagai daerah agro wisata serta industri kerajinan songket,” ungkap Surva Hutri.

Begitu juga dibidang lingkungan hidup, dimana hal tersebut harus menjadi perhatian bersama. Menurutnya, persoalan sampah bagi dua daerah ini sudah menjadi persoalan serius yg harus segera disikapi dan dicarikan jalan keluarnya.

“Jangan nanti ketika musim hujan, Padang panjang ketiban sampah dari daerah Kec X Koto karena dibawa arus hujan. kasihan kita,” ucap Wadrawati, dari Fraksi Hanura.

Sementara itu, Ali Muhar dari Fraksi PAN turut mengomentari dimana pertemuan ini langkah awal dalam men inisiasi kerjasama khususnya dari Komisi ll DPRD Tanah Datar. Agar tercapai kesepakatan bersama, tentunya pertemuan tidak bisa dilakukan satu kali saja.

Kabag Perekonomian Tanah Datar Masni Yuletri yang mendampingi kunjungan mengatakan bahwa banyak peluang kerjasama dengan Pemko Padang Panjang. Pertemuan ini juha akan menjadi masukan bagi Pemkab Tanah Datar.

“Langkah awal dengan kabar baik ini akan kami bawa ke pemerintah Kabupaten Tanah Datar. Kami akan coba merumuskan draft kerja sama apa apa saja yang bisa kita tindaklanjuti pada pertemuan berikutnya sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh Tanah Datar dan Padang Panjang,” ujarnya.

Wakil Walikota Asrul dalam sambutannya mengungkapkan silaturahmi ini adalah momentum bagaimana menyamakan cara pandang terhadap daerah yang saling berbatasan langsung. Padang Panjang dengan Tanah Datar adalah dua daerah yg tak mungkin terpisahkan. Oleh karena itu, banyak hal yang dapat dilakukan bersama yang melahirkan multifier effect bagi kedua daerah ini.

“Pemerintah Kota Padang Panjang membuka dan mengulurkan tangan siap saling bahu membahu untuk sama sama memajukan dua daerah ini,” ungkap Asrul.(eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top