Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Kodim 0304 Agam Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan Dan Tanam Serai

Dibaca : 151

Agam, Prokabar — Dandim 0304 Agam, Letkol Infantri Victor Andyka Tjokro mengajak masyarakat Nagari Tanjung Sani untuk menjaga kelestarian hutan dengan rajin menanam pohon. Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk menanam Serai sebagai tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

“Kenapa saya menganjurkan masyarakat menanam Serai, karena memiliki banyak dampak manfaatnya. Selain memiliki akar yang panjang dan kuat, juga memiliki nilai ekonomis tinggi dikemudian hari,” terangnya, Saat kegiatan Penghijauan Di tiga titik lokasi pasca longsor, Di Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Rabu (29/1).

Ia melanjutkan Serai salah satu tanaman paling produktif dan poluler dikembangkan saat ini. Serai selain bermanfaat untuk bumbu masakan, juga digunakan bahan olahan kosmetik. Nilai paling mahal itu pada akarnya, jadi batang dan daun dapat di pasarkan, pada akar dijual mahal oleh produsen kosmetik dan obat-obatan.

“Saat ini kita menanam Serai di tiga titik tepian anak sungai yang sempat dilanda banjir bandang. Mengajak dan memberi contok pada masyarakat, agar memanfaatkan lahan kosong untuk menanam Serai sebagai tambahan ekonomisnya,” lanjutnya.

Sebanyak 40 orang personil dari Kodim 0304 Agam bersama 10 orang Satgas BPBD Agam, DLH dan masyarakat, turut serta melakukan penanaman Serai di tiga titik lokasi pasca banjir bandang.

“Secara bertahap, kita akan kembali melakukan penanaman Serai. Untuk tahap awal, 300 batang bibit Serai kita tanam hari ini. Untuk selanjutnya, dan mendapat dukungan masyarakat akan kita lanjutkan lebih banyak lagi,” pungkas Dandim 0304 Agam tersebut. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top