Nasional

Kini Ada Aplikasi yang Permudah Identifikasi Kayu

Jakarta, Prokabar — Kini masyarakat lebih mudah identifikasi kayu melalui aplikasi yang dimiliki Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) yang disebut oleh Alat Identifikasi Kayu Otomatis-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (AIKO-KLHK).

Dilansir dari situs resmi klhk.go.id, pada Minggu (15/9) menjelaskan, Kemampuan identifikasinya pun meningkat hingga 823 jenis kayu perdagangan Indonesia, jauh melebihi AIKO-2018 yang kemampuan identifikasinya hanya sampai 144 jenis. Selain identifikasi jenis, AIKO-KLHK juga mampu membedakan asal lokasi geografis berdasarkan kedekatan image dengan jenis kayu dari lokasi tertentu.

Informasi status konservasi (CITES, IUCN dan SK Men-LHK) pun dapat diketahui, dan memungkinkan untuk diintegrasikan dengan Sistem Informasi Penatausahaan Hasil Hutan (SIPUHH) online. Aplikasi ini juga memiliki fasilitas pencarian pada menu ‘Pustaka’ yang memungkinkan penelusuran informasi suatu jenis kayu dilengkapi foto makroskopis yang tersimpan. Kemampuan-kemampuan tersebut, tidak dapat ditemui pada versi sebelumnya.

Pelaksanaan identifikasi kayu manual di laboratorium, memerlukan waktu 1-2 minggu. Ada 163 karakter kayu yang harus dicermati untuk sampai pada penentuan jenis kayu. Dengan AIKO-KLHK, proses panjang itu dapat dipangkas hingga hitungan detik.

Identifikasi kayu merupakan proses penentuan suatu jenis kayu berdasarkan ciri struktur anatomi kayu yang dimilikinya. Setiap jenis kayu memiliki karakteristik yang unik sehingga perlu metode identifikasi yang akurat agar tidak terjadi kesalahan dalam menentukan jenis kayu.

Platfor AIKO-KLHK berkembang, tidak terbatas aplikasi Android untuk identifikasi kayu secara online melainkan juga offline. Manajemen formasi berbasis website dan Android pun telah melengkapi versi terbaru ini. Manajemen formasi ini memungkinkan rekaman data pengguna AIKO-KLHK menjadi proses pendataan dan pemetaan jenis-jenis kayu di Indonesia yang dapat menjadi informasi yang sangat berguna

Aplikasi AIKO-KLHK dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini telah mengalami perkembangan pesat dari versi pendahulunya, AIKO-2018 dan WoodID-2017, yang dikembangkan bersama Pusat Penelitian Informatika LIPI dengan mekanisme pendanaan dari Insinas Kemenristekdikti. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top