Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

KI Sumbar Nilai PPID Pesisir Selatan, Ini Indikatornya

Dibaca : 227

Pesisir Selatan, Prokabar — Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumbar, melakukan penilaian serta mengevaluasi mengenai keterbukaan informasi publik dan layanan informasi publik di Dinas Kominfo Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Selasa (8/10).

Selain Kominfo, KI Sumbar juga melakukan penilaian ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pessel dan Kantor Wali Nagari Bungo Pasang, Kecamatan IV Jurai.

Tim KI Provinsi Sumbar melakukan visitasi dan verifikasi pemeringkatan badan publik ke Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di ‘Negeri Berjuluk Sejuta Pesona’ ini.

Penilaian PPID oleh tim KI tersebut dilaksanakan di Dinas Kominfo Kabupaten Pessel dengan beberapa kriteria yakni visitasi, verifikasi, pemeringkatan dan badan publik.

Salah satu yang dianggap penting dalam penilaian ini adalah tentang keterbukaan dan kelancaran website PPID itu sendiri maupun dokumen pendukung lainnya.

Dalam kesempatan ini, Kadis Kominfo Kabupaten Pessel, Junaidi mengatakan, PPID Kabupaten Pessel telah menjalankan amanah Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

“Kami secara bersama telah berusaha melaksanakan tugas dan fungsi pelayanan publik dengan menyediakan informasi sesuai kriteria wajib dengan menyediakan pengumuman baik melalui papan pengumuman maupun melalui website Pesisirselatankab.co.id
serta aplikasi pendukung lainnya yang ada di Dinas Kominfo, “ujarnya.

Ketua KI Sumbar, Adrian Tuswandi didampingi Wakil Ketua Noval Wiska mengatakan, tujuan dilakukannya penilaian itu guna mengevaluasi dan mengecek seluruh persyaratan mengenai kepatuhan badan publik terhadap keterbukaan informasi dan layanan informasi publik sehingga masyarakat yang membutuhkan informasi dapat terlayani dengan baik pula.

Ia menambahkan, keterbukaan badan publik itu sangat penting. “Keterbukaan itu diwujudkan dengan adanya keterbukaan informasi yang dilakukan oleh badan publik.

Pihaknya bahkan memvisitasi, monitoring dan mengevaluasi badan publik sebagai salah satu tahapan penilaian.

Semoga Pessel bisa masuk ke dalam angka nominasi penilaian dan bisa mempresentasi di Sumbar nantinya, tutupnya. (Min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top