Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Keren, MAN 5 Agam ada Mading Literasi Dan Pustaka Mini

Ilustrasi
Dibaca : 637

Lubuk Basung, Prokabar — Gebrakan Madrasah Aliyah Negeri atau MAN 5 Agam, sangat kreatif dan inovatif. Mewajibkan setiap kelas pelajarnya memiliki Mading Litersi dan Perpustakaan Mini.

Tidak hanya sampai di situ, setiap siswa diharuskan membaca buku, majalah atau koran dan kemudian melahirkan sebuah karya tulis dan dipajang di mading literasi tersebut. Karya bisa berupa artikel, cerpen, resume, ringkasan atau karya tulis lainnya. Mereka juga ditargetkan di akhir semester nanti membuat sebuah buku atau novel.

Kepala Sekolah MAN 5 Agam, Isrizal mengatakan Mading Literasi sudah ada sebelum ia bertugas di sana. Inovasi ditambah berupa perpustakaan mini yang di isi dari siswa-siswi itu sendiri. “Setiap sebulan sekali, akan dilakukan penilaian dari hasil karya kreatifitas setiap lokal dan individu,” kata Isrizal.

Saat ini, jumlah siswa 170 orang dengan jumlah rombel 9 lokal. Sedangkan guru pendidik berjumlah 37 orang, tenaga honorer dan ASN. Siswa-siswi setiap lokal akan selalu dicontrol dan dinilai dengan objektif. “Setelah hasil penilaian didapat, akan ditentukan lokal atau rombel terbaik dan mendapat hadiah menarik dari sekolah,” tuturnya.

Kini, MAN 5 Agam sudah terakreditasi A sejak enam bulan lalu. Jadwal masuk kelas jam 7.15 WIB dan memiliki buku control siswa seperti absen, buku Kasus, Batas dan lainnya. 

“Saat ini kami membutuhkan asrama untuk siswa-siswi yang masih kos-kosan. Karena di tempat kos, mereka sangat rawan pengaruh buruk serta minim kontrol orang terdekat. Apalagi ia berasal daerah yang jauh dari pantauan orang tua,” tutupnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top