Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Keren, Wartawan ini Kembangkan Tanaman Hidroponik di Agam

Dibaca : 569

Lubuk Basung, Prokabar — Tidak hanya seorang buruh tinta, bapak paroh baya ini juga giat jadi petani mengembangkan Tanaman Hidroponik yang dirancang menggunakan pipa paralon. Menurutnya, usaha tersebut didapat melalui anaknya di Tanjung Pinang, yang lebih dahulu menghasilkan sayur mayur yang sehat dan higienis.

Selain tidak menggunakan pupuk zat kimia, tanaman tidak langsung bersentuhan dengan tanah. “Kemungkinan segala bentuk hewan parasit tidak melekat dan hidup didalam tanaman. Sehingga saat dipanen dan dikonsumsi, aman dan tidak ikut masuk ke dalam tubuh kita,” terangnya.

Lukman (62) menggarap tanaman berteknologi baru itu bersama istrinya Atmi (60). Di rumahnya, Monggong, Nagari Persiapan Surabayo, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumbar.

Untuk saat ini, mereka fokus mengembangkan berupa sayur kangkung dan selada. Pasalnya, kebutuhan masyarakat terhadap sayur ini cukup tinggi. Selain kebutuhan rumah tangga, juga sangat dibutuhkan di Rumah Makan atau Pedagang Pecel Lele.

“Kebutuhan sayur Kangkung dan Selada sangat tinggi. Saat ini saja, kami yang sudah mendapat pelanggan salah satu rumah sakit swasta hampir tidak terpenuhi. Permintaan 5 kilogram sekali panen. Mereka suka karena tanaman yang kami kembangkan terbukti sehat dan bergizi,” ungkapnya.

Usaha tersebut sudah dilakukan awal Juni 2018 lalu. Pengembangan baru dua tempat dengan jumlah sekitar seratus lubang pot di pipa saluran air. “Kami berharap masyarakat dapat mencontoh usaha ini. Sehingga kebutuhan minimal dalam rumah tangga tidak lagi bergantung ke pasar. Apalagi cara penanaman mudah dan higenis. Meski memang agak membutuhkan biaya beli pipa dan atap plastik,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top