Trending | News | Daerah | Covid-19

Kesehatan

Keren, Rumah Sakit Ini Ciptakan Alat Penyembuh Luka dengan Mesin GAMA

Dibaca : 489

Yogyakarta, Prokabar — Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Sardjito menciptakan mesin GAMA Vacuum Assisted Closure (VAC) yang mampu melakukan penyembuhan pasien luka akut sampai kronik dengan waktu cepat dengan harga lebih terjangkau.

“Kita mempunyai suatu inovasi yaitu perawatan luka yang bisa menekan harga, salah satunya pasien tidak usah dirawat di RS terlalu lama,” ujar Direktur Utama RS Sardjito Darwinto melalui siaran pers yang diterima, Minggu (15/9).

Adanya inovasi ini akan membuat proses pengobatan yang menggunakan metode VAC menjadi lebih murah. karena dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang memiliki harga cukup terjangkau.

“Jika dulu habis sekitar 5 sampai 6 juta, sekarang hanya 300 ribu. Inilah bagaimana inovasi ini kita jalankan,” katanya.

Efektivitas penggunaan VAC pada penanganan luka sudah diakui oleh banyak klinis. Namun selama ini penggunaan VAC memakan biaya yang tinggi dibandingkan dengan rawat luka biasa. Harga satu mesin VAC cukup mahal. Selain itu, pemasangan alat ini akan memaksa pasien untuk tinggal lebih lama di rumah sakit.

Dengan alat ini, pasien hanya perlu datang untuk mengganti vacuum dressing setiap tiga hingga empat hari sesuai dengan keadaan lukanya. Darwinto mengatakan sebelum Gama VAC ditemukan, penyembuhan luka memakan waktu sampai 90 hari. “Tapi setelah alat ini kita temukan, hanya kisaran tiga hari,” ujarnya.

Saat ini, mesin GAMA VAC telah dipergunakan secara luas oleh pasien rawat inap di RSUP dr. Sardjito Yogyakarta dan memberikan hasil yang baik pada kesembuhan luka pasien. Selain itu, karena bentuknya yang tidak terlalu besar, mesin ini juga sudah dipergunakan pada pasien poli klinik. (rel/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top